PENGERTIAN ANALISIS DERET WAKTU

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

TIME-SERIES ANALYSIS / ANALISIS DERET WAKTU adalah analisis dari data statistik masa lalu, yang dicatat pada interval waktu yang berturut-turut, dengan suatu tujuan untuk memproyeksikan pengalaman masa lalu ini untuk menafsirkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang (tidak pasti). Oleh karena itu, informasi urutan waktu dapat digunakan untuk tujuan PERAMALAN (FORECASTING) . Memperlihatkan suatu bentuk deret waktu. Fluktuasi dalam data deret waktu, yang secara pasti akan terlihat apabila deret tersebut digambarkan pada suatu grafik, yang dapat diklasifikasikan ke dalam empat jenis utama yang secara serentak mempengaruhi deret waktu tersebut. Komponen-komponen dari deret urutan waktu adalah :
(a) KECENDERUNGAN SEKULER (SECULAR TREND) , yang memperlihatkan pergerakan seri waktu yang relatif lancar dan teratur dalam jangka panjang.
(b) VARIASI SIKLUS (CYCLICAL VARIATION), yang terdiri dari pola-pola jangka menengah, berulang secara beraturan, umumnya bersamaan dengan SIKLUS USAHA (BUSINESS CYCLE) . Gelombang ke atas dan gelombang ke bawah yang berulang-ulang dalam kegiatan ekonomi ditempatkan di atas kecenderungan sekuler.
(c) VARIASI Musi MAN (SEASONAL VARIATION), yang terdiri dari pola-pola jangka pendek, berulang secara beraturan, umumnya bersamaan dengan musim- musim yang berbeda dari tahun yang bersangkutan. Variasi musiman ini diletakkan di atas kecenderungan sekuler dan variasi siklus.
(d) VARIASI TIDAK BERATURAN (IRREGULAR VARIATION), yang merupakan fluktuasi yang tidak menentu dalam deret waktu, yang disebabkan oleh peristiwa- peristiwa yang tidak dapat diramalkan dan tidak terduga. Variasi tidak beraturan ini diletakkan di atas kecenderungan sekuler, variasi siklus, dan variasi musiman.
Analisis urutan waktu berhubungan dengan penghilangan dampak dari masing-masing empat pengaruh tersebut di atas terhadap suatu deret waktu, digunakan untuk memproyeksikan pengalaman masa lampau ke masa yang akan datang. Dalam usaha mengidentifikasi kecenderungan sekuler yang mendasar dalam suatu deret waktu, maka para ahli statistik dapat menggunakan ANALISIS REGRESI (REGRESSION ANALYSIS) , yang menarik sebuah garis pada observasi deret waktu dengan menggunakan KUADRAT TERKECIL BIASA (ORDINARY LEAST SQUARES) . Di sini waktu akan berfungsi sebagai VARIABEL BEBAS (INDEPENDENT VARIABLE) dalam persamaan regresi penduga dan variabel yang diobservasi berfungsi sebagai VARIABEL TERIKAT (DEPENDENT VARIABLE) . Alternatif lain, ahli statistik mungkin menggunakan suatu rata- rata bergerak untuk melandaikan deret urutan waktu tersebut dan membantu untuk mengidentifikasi trend dasarnya. Misalnya, ahli statistik dapat menggunakan suatu rata-rata bergerak lima periode, menggantikan setiap observasi yang berurutan dengan RATA-RATA (MEAN) observasi tersebut serta dua observasi sebelum dan dua observasi sesudahnya. Exponential smoothing memberikan teknik lain yang dapat digunakan untuk memperhalus data deret waktu. Hal ini adalah sama dengan metode rata-rata bergerak, akan tetapi memberikan bobot yang lebih besar pada observasi yang terbaru dalam menghitung rata-rata. Dalam usaha untuk mengidentifikasi dampak variasi musiman, maka ahli statistik dapat membangun suatu ukuran variasi musiman (disebut indeks musiman) dan menggunakan indeks ini untuk menghilangkan pengaruh musim data terhadap deret waktu tersebut dan memperlihatkan bagaimana urutan waktu tersebut jadinya apabila tidak terdapat fluktuasi musiman.
Pada saat kecenderungan tersebut telah diidentifikasi, kita dapat memperkirakan (extrapolate) kecenderungan tersebut dan mengestimasi nilai kecenderungan untuk periode waktu di luar periode waktu sekarang. Kecenderungan untuk periode waktu sampai pada dan pada waktu t dapat diperkirakan pada waktu t + 1. Perkiraan karenanya menjadi suatu metode untuk me mbuat prediksi atau peramalan, walaupun ketelitian dari peramalan ini secara khusus akari tergantung pada apakah kekuatan-kekuatan utama yang mempengaruhi deret waktu pada waktu yang lalu akan terus berjalan dengan cara yang sama di masa yang akan datang.

PENGERTIAN ANALISIS DERET WAKTU | ok-review | 4.5