PENGERTIAN ALTRUISME

By On Monday, November 25th, 2013 Categories : Psikologi

1. Altruisme adalah tindakan menolong seseorang tanpa mengharapkan ganjaran. Perilaku prososial meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong, tanpa memperhatikan motif penolongnya.
2. Para pakar sosiobiologi yakin bahwa kecenderungan untuk menolong orang lain merupakan bagian dari susunan biologis manusia. Sebaliknya, pandangan evolusi sosial menyatakan bahwa masyarakat menciptakan aturan tentang pemberian bantuan, yang meliputi norma tanggung jawab sosial, prinsip timbal-balik, dan keadilan sosial.
3. Anak mempelajari norma pemberian bantuan melalui penguatan dan peniruan. Mekanisme belajar sosial ini juga mempengaruhi perilaku prososial orang dewasa.
4. Keputusan untuk menolong merupakan proses yang rumit. Orang yang akan menolong harus mempersepsi dibutuhkannya pertolongan, memikul tanggung jawab pribadi, mempertimbangkan untung-rugi, dan memutuskan cara turun tangan.
5. Intervensi penonton diartikan sebagai tindakan menolong orang yang mengalami kesulitan. Penelitian yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa orang lebih cenderung tidak campur tangan bila ada orang lain. Gejala yang disebut efek penonton ini disebabkan oleh adanya penyebaran tanggung jawab, kehadiran orang lain yang mempengaruhi interpretasi situasi seseorang, dan rasa takut dinilai. Faktor situasional yang lain yang mempengaruhi pemberian bantuan adalah cuaca, ukuran kota, kebisingan dan tekanan waktu. Orang lebih suka memberikan pertolongan bila berada dalam suasana hati yang baik, merasa salah karena telah melakukan tindakan’yang “buruk,” dan merasa empati terhadap penderitaan korban. Orang juga lebih suka menolong orang yang mereka sukai dan mereka anggap pantas ditolong. Pada saat menerima bantuan, kadang-kadang orang memberikan reaksi berupa campuran antara rasa terima kasih dan rasa tidak senang. Penerimaan bantuan bisa mengancam kebebasan kita, membuat kita merasa berhutang kepada orang lain, dan mengancam harga “diri kita.

PENGERTIAN ALTRUISME | ok-review | 4.5