PENGERTIAN ALOKASI SUMBER DAYA

By On Wednesday, January 22nd, 2014 Categories : Ekonomi

RESOURCE ALLOCATION / ALOKASI SUMBER DAYA adalah alokasi FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI (FACTORS OF PRODUCTION) dari suatu perekonomian atas penggunaan- penggunaan alternatif yang sejalan dengan pola permintaan konsumen (yang pada gilirannya mencerminkan suatu ukuran yang ada dan distribusi pendapatan nasional). Sumber-sumber daya secara optimal dialokasikan ketika proporsi dari faktor input yang dikombinasikan untuk memproduksi BARANG-BARANG (GOODS) dan JASA-JASA (SERVICES) mencerminkan biaya-biaya produksi, dan ketika Output barang-barang dan jasa-jasa mencerminkan secara lengkap distribusi pilihan-pilihan konsumen antara barang-barang dan jasa-jasa tersebut (lihat PARETO OPTIMALITY).
Secara lebih khusus, sumber-sumber daya secara optimal dialokasikan ketika di setiap pasar harga-harga yang dibayarkan untuk barang dan jasa secar penuh mencerminkan biaya ekonomi yang terendah dalam m e n ve diakan ny a.
Lihat ALLOCATIVE EFFICIENCY, PRODUCTIVE EFFICIENCY, DISTRIBUTIVE EFFICIENCY, MOBILITY PRICE SYSTEM, THEORY OF MARKETS, PRODUCTION POSSIBILITY BOUNDARY.

PENGERTIAN ALOKASI SUMBER DAYA | ok-review | 4.5