PENGANGGURAN TEKNOLOGI DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

TECHNOLOGICAL PROGRESSIVENESS / KEMAJUAN TEKNOLOGI adalah suatu aspek KINERJA PASAR (MARKET PERFORMANCE) yang menunjukkan tingkat di mana perusahaan- perusahaan mengembangkan dan memperkenalkan produk-produk baru dan produk-produk hasil pengembangan, teknik produksi dan distribusi. Adanya PENEMUAN (INVENTIONS) dan PEMBAHARUAN (INNOVATIONS) memungkinkan penurunan biaya-biaya produksi dan distribusi, oleh karenanya memungkinkan penurunan harga penawaran kepada konsumen. Dalam teori biaya, perusahaan diasumsikan beroperasi di dalam batas-batas teknologi yang ada baik dalam JANGKA PENDEK (SHORT RUN) dan JANGKA PANJANG (LONG RUN) , akan tetapi dalam JANGKA WAKTU YANG SANGAT PANJANG (VERY LONG RUN), kemajuan teknologi akan merubah kondisi biaya yang menjadi dasar. Contoh, memperlihatkan bagaimana waktu dan biaya untuk melakukan suatu kegiatan pengolahan data tertentu berkurang oleh adanya kemajuan dalam teknologi komputer. Kemajuan teknologi secara agregat akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Lihat juga MONOPOLY, PRODUCT PERFORMANCE, RESEARCH AND DEVELOPMENT, SOLOW ECONOMIC-GROWTH MODEL, TECHNOLOGICAL UNEMPLOYMENT, PRODUCTIVITY, AUTOMATION.
TECHNOLOGICAL UNEMPLOYMENT / PENGANGGURAN TEKNOLOGI adalah PENGANGGURAN (UNEMPLOYMENT) sebagai akibat dari OTOMATISASI (AUTOMATION) kegiatan-kegiatan produksi. Otomatisasi meningkatkan PRODUKTIVITAS (PRODUCIWITY) tenaga kerja, menurunkan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menghasilkan dan mendistribusikan produk, sehingga beberapa tenaga kerja mungkin menjadi pengangguran. Apabila permintaan meningkat sebagai akibat dari biaya dan harga produk yang menurun, tenaga kerja mungkin tidak akan menganggur, angkatan keija yang sama akan memproduksi output yang lebih besar (daripada angkatan kerja yang dikurangi dan memproduksi output yang sama). Sebagai tambahan, perubahan teknologi dapat mengakibatkan keahlian tenaga kerja tertentu menjadi tidak terpakai lagi. Rencana bantuan pemerintah dan pelatihan kembali tenaga kerja dapat mengurangi masalah pengangguran teknologi sampai pada suatu tingkat tertentu. Lihai STRUCTURAL UNEMPLOYMENT, PROGRESSIYFNESS. SUPPLY- SIDE ECONOMICS.
TECHNOLOGY / TEKNOLOGI adalah penerapan pengetahuan ilmiah dan teknik dalam usaha untuk meningkatkan produk dan proses produksi. Lihat TECHNOLOGICAL ROGRESSIVENESS, PRODUCIIVFFY.

PENGANGGURAN TEKNOLOGI DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI | ok-review | 4.5