PARTISIPASI PEKERJA DAN MODAL KERJA

By On Friday, January 24th, 2014 Categories : Ekonomi

WORKER PARTICIPATION / PARTISIPASI PEKERJA adalah keterlibatan para pegawai dalam proses pengambilan keputusan dari PERUSAHAAN (FIRM) yang melampaui keputusan-keputusan implisit dalam pekerjaan-pekerjaan yang mereka lakukan. Partisipasi pekerja umumnya dihubungkan dengan proses atau kegiatan yang terjadi di tempat kerja, khususnya penjabaran perencanaan pekeijaan menjadi kelompok-kelompok keija atau LINGKARAN KUALITAS (QUALITY CIRCLES).
Istilah “demokrasi industrial” sering digunakan sebagai sinonim untuk partisipasi pekeija, tetapi demokrasi industrial dalam kenyataan menunjukkan pembagian kekuasaan antara para pekerja dan manajemen dalam keputusan-keputusan yang berkaitan dengan badan hukum yang diputus-Standar Struktur:
1. Suatu jumlah pemasok yang besar atau cukup besar, sehingga tidak satupun yang mendominasi pasar, atau paling tidak sebanyak izin skaia ekonomis.
2. Tidak terdapat hambatan-hambatan untuk masuk.
3. Perbedaan-perbedaan kualitas yang moderat dan sensitif terhadap harga.
Standar Sifat-sifat:
1. Persaingan aktif antara para pemasok, menghindari perjanjian kolusif untuk menetapkan harga, pangsa pasar dan lain sebagainya.
2. Tidak terdapat penggunaan taktik yang bersifat mengeluarkan atau memaksa (transaksi eksklusif, penolakan untuk memasok, kontrak-kontrak terikat) yang ditujukan untuk merugikan para pemasok pesaing.
3. Kepekaan terhadap permintaan-permintaan konsumen untuk berbagai produk.
Standar Kinerja:
1. Minimalisasi biaya-biaya penawaran.
2. Harga-harga yang konsisten dengan biaya-biaya penawaran, meliputi suatu pengembalian laba yang “adil” kepada para pemasok dalam kaitannya dengan efisiensi, risiko, investasi, dan pembaharuan.
3. Penghindaran biaya promosi yang berlebih-lebihan.
4. Pengenalan teknologi baru dan produk-produk baru.
Sementara partisipasi pekerja menunjukkan keterlibatan langsung dari semua pegawai, di lain pihak demokrasi industrial menyarankan suatu sistem perwakilan dan konsultasi bersama antara manajer dan perwakilan-perwakilan pekeija, serta direksi pekerja (yaitu, perwakilan-perwakilan pekerja yang duduk di dewan direksi). Lihat TWO- TIER BOARD.
Saham milik pegawai yang diatur melalui RENCANA SAHAM MILIK PEGAWAI (EMPLOYEE SHARE OWNERSHIP PLANS (ESOP) ) dapat meningkatkan partisipasi pekerja dengan memberikan para pekerja informasi tambahan dan janji sebagai pemegang saham dalam perusahaan. Terdapat beberapa perdebatan tentang dampak-dampak dari perluasan partisipasi pekeija terhadap efisiensi ekonomi. Pada tingkat operasional, partisipasi pekeija dapat meningkatkan PRODUKTIVITAS (PRODUCTIVITY) (output per pekerja) dengan keterlibatan yang lebih besar kepada, dan rasa pencapaian dalam, aktivitas-aktivitas kelompok. Pada manajemen yang strategis, keputusan-keputusat. utama yang berkaitan dengan investasi baru dan lain sebagainya mungkin dapat dirusak dengan terlibatnya terlalu banyak kepentingan, sementara apa yang diperlukan adalah suatu pandangan jangka lebih panjang yang lebih penting untuk permasalahan-permasalahan yang ada.
WORKING CAPITAL / MODAL KERJA adalah AKTIVA LANCAR jangka pendek suatu perusahaan yang mempunyai masa perputaran yang agak cepat dalam usaha. Modal kerja meliputi seperti PERSEDIAAN (STOCKS) bahan mentah, barang dalam proses, dan barang jadi, PIUTANG (DEBTORS) dan UANG KAS, dikurangi dengan PASSIVA LANCAR (CURRENT LIABILITIES) jangka pendek. Peningkatan volume perdagangan perusahaan pada umumnya mengakibatkan meningkatnya persediaan dan jumlah piutang, dan oleh karena itu dibutuhkan suatu peningkatan dalam modal kerja. Pengurangan dalam penundaan pembayaran untuk bahan-bahan, merubahnya menjadi produk-produk, menjualnya dan memperoleh uang tunai dari langganan, akan cenderung mengurangi modal kerja yang diinginkan.
Lihat juga OVERTRADING, CASH FLOW, CREDIT CONTROL, STOCK CONTROL, FACTORING.
WORK IN PROGRESS / BARANG DALAM PROSES adalah setiap barang yang masih dalam proses untuk diolah menjadi barang jadi. Barang-barang dalam proses, dan bahan-bahan mentah serta PERSEDIAAN (STOCKS) barang jadi merupakan INVESTASI PERSEDIAAN (INVENTORY INVESTMENT) .

PARTISIPASI PEKERJA DAN MODAL KERJA | ok-review | 4.5