PARIWISATA DI JAWA TIMUR

By On Friday, April 4th, 2014 Categories : Budaya

PARIWISATA DI JAWA TIMUR – Jawa Timur memiliki beberapa tem­pat wisata yang sangat indah. Gunung Bromo dan kaldera Tenggernya. Dari sisi lereng orang dapat meli­hat matahari terbit yang sangat indah. Kita bisa men­capai kawahnya dengan mengendarai kuda lewat Ngadisari, Kabupaten Probolinggo. Pada sekitar Bulan Desember – Januari, di Bromo selalu terdapat upacara Kasodo. Upacara suku bangsa Tengger ini merupa­kan upacara persembahan atas suksesnya panen me­reka dan arena pemilihan ketua adat yang baru. Upa­cara ini menarik dan sangat langka. Di Taman Na­sional Baluran dapat disaksikan berbagai jenis hewan, ter rama banteng, kerbau liar, merak, dan berbagai jenis burung.
Di Surabaya terdapat banyak bangunan bersejarah, termasuk Tugu Pahlawan 10 November 1945, Mu­seum Mpu Tantular, Museum Loka Jala Crana, pa­tung Joko Dolok, makam Sunan Ampel. Di Sume­nep, Madura, terdapat keraton tua Sumenep dengan taman keputren serta museum benda-benda peninggalan kerajaan, makam raia Sumenep (Asta Tinggi), pantai Slopeng dengan gunung pasir yang berwarna putih, dan karapan sapi. Di Lamongan ada Pantai Tar jung Kodok, makam Sunan Drajat dan monumen tenggelamnya kapal Van Der Wijk. Di Pasuruan ada daerah peristirahatan Tretes di lereng Gunung Weli- rang, candi Jawi dan pentas terbuka Taman Chandra Wilwatikta. Di Madiun terdapat Telaga Sarangan. Di Blitar terdapat Candi Penataran, peninggalan keraja­an Hindu di Jawa Timur, dan makam Proklamator Republik Indonesia Ir. Sukarno. Di Malang terdapat ; Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru, Karang Kates, Candi Singosari. Di Mojokerto terdapat Candi Trowulan, candi-candi dan beberapa berada peninggalan Kerajaan Mojopahit. Situbondo terkenal akan pantai Pasir Putih dengan taman lautnya. Di Banyuwangi ada Kawah Ijen dan Pantai Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri dengan tempat habitat penyu.
Meskipun dijumpai di tempat lain, ada beberapa makanan yang merupakan makanan khas beberapa kota di Jawa Timur, yang terkenal kelezatannya. Madiun merupakan penghasil brem. Kediri merupa­kan penghasil tahu, getuk pisang, serta kripik dan sate bekicot. Malang yang kedelainya bagus-bagus meru­pakan penghasil tempe yang sangat enak. Bondowoso merupakan penghasil tape yang sangat manis. Sido­arjo terkenal akan krupuk udang dan petisnya. Sura­baya mempunyai rujak cingur yang khas. Selain itu juga lontong balap, sate kerang, dan kupang.

PARIWISATA DI JAWA TIMUR | ok-review | 4.5