METODE PERSAINGAN

By On Saturday, December 7th, 2013 Categories : Ekonomi

COMPETITION METHODS / METODE PERSAINGAN adalah suatu elemen TINGKAH LAKU PASAR (MARKET CONDUCT) yang menunjukkan bagaimana perusahaan bersaing satu sama lain di PASAR (MARKET). Ada beberapa cara yang ditempuh oleh perusahaan untuk bersaing satu sama lain:
(a) HARGA (PRICE). Penjual berusaha mendapatkan dukungan pembeli dengan mengenakan harga yang lebih rendah dari saingannya. Tetapi harus diingat bahwa saingan-saingan pun dapat secara gampang menurunkan harga mereka, yang akhirnya menghasilkan keuntungan yang lebih rendah bagi seluruh perusahaan.
(b) persaingan bukan harga, termasuk (i) PEMBEDAAN PRODUK (PRODUCT DIFFERENTIATION). Penjual dapat membedakan produk yang kualitas dan desainnya mirip secara teknis, dan dengan meningkatkan penampilan dari barang tersebut. Semua usaha ini ditujukan untuk mendapatkan kesetiaan pembeli dengan mengingatkan bahwa barang tersebut lebih baik dari barang yang ditawarkan oleh perusahaan lain. (ii) pembedaan produk melalui teknik menjual. Persaingan dalam usaha menjual termasuk PERIKLANAN (ADVERTISING), PROMOSI PENJUALAN (SALESPROMOTION) (contoh produk gratis, potongan harga dengan kupon), promosi penjualan perorangan (perwakilan), dan membentuk saluran distribusi. Kegiatan ini diarahkan untuk meningkatkan permintaan dengan menekankan atribut nyata dan imajinasi produk secara relatif dibanding dengan pesaing, (iii) persaingan MERK (BRAND) baru. Dengan adanya perubahan yang dinamis (kemajuan di bidang teknologi, dan perubahan selera konsumen), produk dari suatu perusahaan akan cepat ketinggalan atau kuno. Sehingga, untuk tetap dapat bersaing, produksen berkewajiban untuk memperkenalkan merk baru atau mendisain kembali produk yang sudah ada.
(c) biaya produksi yang rendah. Walaupun keefektifan biaya bukan tujuan langsung persaingan, namun peranannya sangat penting dalam memperkuat posisi pasar pemasok/produsen. Kemampuan menurunkan biaya memberi kemungkinan bagi pemotongan harga, atau kemungkinan untuk mengalokasikan sumberdaya keuangan untuk tujuan pembedaan produk. Lihat juga MONOPOLISTIC COMPETITION, OLIGOPOLY, MARKETING MIX, PRODUCT CHARACTERISTICS MODEL, PRODUCT LIFE-CYCLE.

METODE PERSAINGAN | ok-review | 4.5