MENGHINDARI PENGARUH NEGATIVITAS

By On Wednesday, November 20th, 2013 Categories : Psikologi

Pengecualian lain bagi prinsip menyamaratakan adalah bahwa orang menimbang informasi negatif lebih berat daripada informasi, positif untuk mencapai kesan menyeluruh. Artinya, ciri negatif – lebih berpengaruh atas kesan dibanding ciri positifnya, meski keadaan lainnya sama (Fis- ke, 1980). Hal ini dinamakan Pengaruh Negativitas. Menurut teori tersebut, kesan positif lebih mudah berubah daripada kesan negatif (Hodges, 1974). Orang lebih mempercayai evaluasi yang berdasar ciri negatif daripada yang berdasar ciri positif (Hamilton & Zanna, 1972). Menurut evaluasi negatif, prinsip menyamaratakan tidak mendukung ciri negatif sekuat dukungannya terhadap ciri positif.
Perbedaan ini terutama terlihat pada. ciri negatif yang lebih ekstrim. Mereka kelihatannya memperoleh pengaruh “blackball” (mendapat perlawanan dari belakang): Satu pengaruh negatif paling ekstrim menghasilkan kesan paling negatif, tanpa memperdulikan ciri lain orang tersebut (Anderson, 1965). Jika kita diberitahu bahwa pemimpin terkemuka itu adalah “bajingan”, maka evaluasi kita terhadapnya menjadi agak negatif, tanpa memperdulikan hal lain yang kita ketahui mengenai dirinya. Jika kita diberitahu bahwa dia “tidak penyabar”, maka kita akan menyamaratakan sifat agak negatif itu dengan segala sesuatu yang kita ketahui mengenai dirinya.
Sebagaimana kita catat dalam diskusi tentang prasangka positivitas-pribadi, penilaian positif akan orang lain lebih umum daripada evaluasi negatifnya. Ciri negatif yang lebih khusus, karenanya lebih jelas. Dalam arti perseptual sederhana, ciri negatif kemudian berbentuk bayangan figural; ia menonjol dalam bentuk cacat atau busana warna-warni atau sesuatu yang besar dan menonjol. Orang tentu akan menaruh perhatian lebih banyak kepada sifat-sifat negatif dan memberi penilaian lebih berbobot.

MENGHINDARI PENGARUH NEGATIVITAS | ok-review | 4.5