MENGENAL TAPI OMAS IHROMI

By On Monday, March 24th, 2014 Categories : Review

Guru besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang melakukan studi perbandingan antara hukum adat Toraja dan Batak. Suaminya, Prof. Dr. Ihromi M.A. adalah ahli bahasa Semit dan guru besar pada Sekolah Tinggi Teologia, Jakarta.
Omas Ihromi berasal dari keluarga sederhana na­mun berpendidikan. Ayahnya pegawai kantor pos, yang meninggal ketika Ihromi berusia 16. Untuk me­nunjang perekonomian ke­luarga, ibunya berdagang.
Setelah lulus sekolah me­nengah atas di Pematang Siantar, Ihromi menerus­kan pendidikannya di Fa­kultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta. Pada tahun 1958 ia memperoleh bea siswa pasca sarjana.
Setahun kemudian ia diki­rim ke Amerika Serikat un­tuk mendalami ilmu antro­pologi di Universitas Cor­nell selama tiga tahun.
Pada tahun 1978 Ihromi menyandang gelar doktor hukum dari Universitas Indonesia dengan disertasi Adat Perkawinan Toraja Sa’dan Tempatnya dalam Hukum Positif Masa Kini. Ia menemukan banyak persamaan antara adat Toraja dan adat Batak, antara lain keduanya menggemari tuak dan daging yang dimasak dengan darah.
Beberapa buku hasil karyanya adalah Peranan dan Kedudukan Wanita Indonesia (1980), Pokok-pokok Antropologi Budaya (1982), dan Antropologi dan Hukum (1984).
 

MENGENAL TAPI OMAS IHROMI | ok-review | 4.5