MENGENAL SUKU BANGSA KANTU

By On Friday, April 11th, 2014 Categories : Antropologi, Budaya

MENGENAL SUKU BANGSA KANTU – Berdiam di daerah seki­tar hulu anak Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Dae­rah tempat tinggal orang Kantu merupakan hutan primer dan sekunder. Hasil tanaman karet dan lada yang subur di daerah ini diperdagangkan dan ditukar dengan kebutuhan hidup yang lain, seperti pakaian, minyak tanah, garam, dan sebagainya. Hasil pertanian pokok lainnya adalah padi, sayur-sayuran. Mata pen­caharian sampingan orang Kantu adalah berburu.
Pada masa lalu, orang Kantu hidup mengelompok pada rumah-rumah panjang. Keluarga batih yang tinggal pada satu rumah panjang membentuk satu ke­satuan sosial sebagai keluarga luas yang besar. Di ru­mah panjang inilah orang Kantu melaksanakan ak­tivitas mereka sehari-hari dan menyelesaikan segala bentuk pertikaian antar warga. Dengan demikian, ikatan keluarga orang Kantu tercipta dengan baik.
Tetapi saat ini rumah panjang sudah hampir lenyap. Selain adanya rumah panjang yang dibongkar dalam rangka program kesehatan, banyak orang Kantu yang sudah tidak bersedia mendirikan dan tinggal di rumah panjang. Dengan hilangnya rumah panjang, pusat pe­nyampaian informasi orang Kantu juga turut lenyap, karena kini mereka tinggal dalam rumah-rumah kecil yang terpisah satu sama lain. Namun di beberapa desa di hulu Sungai Kapuas, rumah-rumah panjang masih tersisa dan dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari.

MENGENAL SUKU BANGSA KANTU | ok-review | 4.5