MENGENAL SIR FRANCIS DRAKE, (1540-1596)

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Review

Laksamana Inggris yang terkenal semasa pemerintahan Elizabeth I, karena keberhasilannya menjadikan kekuatan laut Inggris ditakuti. Petualangannya mengelilingi dunia (1577-1580) dan keunggulannya menghadapi Spanyol mengabadikan kebesaran Inggris masa itu.
Drake termasuk perompak yang paling ditakuti pada jamannya. Mangsa Drake kebanyakan kapal dagang Spanyol, yang menjadi musuh utama Inggris waktu itu. Oleh karena itu, tindakan Drake bagi Inggris dianggap tindakan kepahlawanan. Tahun 1577, Drake menerima tugas rahasia, antara lain, mencari daerah baru di Pasifik Selatan, dan merampok kapal dagang Spanyol di mana saja. Drake berangkat dengan lima buah kapal. Karena terjangan badai di Selat Magellan, armada kapalnya tinggal sebuah, yang kemudian dinamakan Golden Hind. Dengan kapal ini, Drake memulai aksi terornya terhadap pos dan kapal dagang Spanyol di perairan yang dilaluinya. Dalam petualangannya, Drake antara lain sampai di Kepulauan Filipina. Dari kepulauan ini, ia pergi ke
Maluku dan berhasil mendapat rempah-rempah dari Sultan Maluku. Sebelum menuju ke Tanjung Harapan di Afrika Selatan, Drake singgah di Sulawesi dan Jawa. Ia sampai di Inggris dengan kapal penuh rempah-rempah dan hasil rampasan kapal dagang musuh. Karena keberhasilan itu, Drake diangkat menjadi bangsawan.
Dalam pada itu hubungan Inggris dengan Spanyol memburuk. Tahun 1585, Drake diperintahkan untuk menyerang kapal dagang Spanyol yang ada di Hindia Ibarat. Drake tidak hanya memporakporandakan kap|&l yang ada di sana, tetapi juga pelabuhannya.
Raja Philip kemudian menghimpun armadanya untuk menyerang Inggris. Tetapi, sebelum seluruh kekuatannya terhimpun, Spanyol diserang oleh Drake di pelabuhan Cadiz. Ketika itu, Spanyol kehilangan 30 kapal. Beberapa bulan kemudian Spanyol dan Inggris berhadapan di Selat Inggris. Dalam pertempuran yang menentukan ini, Spanyol berhasil dilumpuhkan Inggris yang dipimpin Drake.
Tahun 1595, Drake sekali lagi ditugasi memimpin ekspedisi ke Hindia Barat. Ekspedisi ini berhasil membawa pulang banyak barang rampasan. Tetapi dalam perjalanan pulang, Drake meninggal akibat penyakit disentri.
 

MENGENAL SIR FRANCIS DRAKE, (1540-1596) | ok-review | 4.5