MENGENAL SIR ARTHUR CONAN DOYLE, (1859-1930)

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Review

Penulis Inggris, pencipta tokoh detektif legendaris Sherlock Holmes. Sir Arthur Conan Doyle juga tokoh terkenal dalam dunia spiritualisme pada tahun 1920-an. Doyle menampilkan tokoh Sherlock Holmes untuk pertama kali dalam cerita A Study in Scarlet (1887). Tetapi, Doyle baru menjadi terkenal dengan bukunya The Adventures of Sherlock Holmes, yang secara teratur dimuat dalam Strand Magazine selama tahun 1891.
Tahun 1893, ketika rrerasa bosan dengan tokoh Sherlock Holmes, Conan Doyle, dalam sebuah ceritanya, “mematikan” tokoh ini. Sherlock Holmes dikisahkan jatuh ke jurang bersama musuh besarnya, seorang profesor jahat, ketika keduanya sedang bergulat. Dengan demikian, Doyle bermaksud menyudahi seri Sherlock Holmes. Tetapi, jutaan penggemarnya memprotes dan mendesak agar seri Sherlock Holmes diteruskan. Tahun 1902, Conan Doyle terpaksa menghidupkan kembali tokoh legendarisnya dalam The Hound of the Baskervilles.
Keberhasilan dengan tokoh Sherlock Holmes menjadikan Conan Doyle penulis cerita pendek termahal di dunia pada jamannya. Ia menampilkan tokoh ini dalam 56 cerita pendek dan 4 cerita panjang. Selain seri Sherlock Holmes, Doyle juga menulis beberapa drama dan novel sejarah.
Konon sampai saat ini masih banyak surat dari berbagai penjuru dunia dikirimkan ke Baker Street, alamat Sherlock Holmes dalam kisah-kisah itu. Karena begitu hidup cara menceritakannya, sebagian pembaca mengira bahwa detektif ulung tersebut tokoh nyata yang hidup pada masa kini.
Conan Doyle lahir di Edinburgh, Skotlandia. Ia lulus sekolah kedokteran, namun sebagai dokter ia kurang berhasil. Tahun 1902, Conan Doyle diangkat menjadi bangsawan karena pengabdiannya di rumah sakit di Bloemfontein, Afrika Selatan; juga karena pembelaannya atas politik Inggris dalam Perang Boer (1899-1902). Dalam dunia spiritualisme, konon, Doyle mampu berhubungan dengan arwah anaknya yang tewas dalam Perang Dunia I. Bukunya yang terkenal mengenai spiritualisme berjudul History of Spiritualism (1926).

MENGENAL SIR ARTHUR CONAN DOYLE, (1859-1930) | ok-review | 4.5