MENGENAL ROBERT KOCH (1843-1910)

By On Saturday, April 19th, 2014 Categories : Kesehatan

MENGENAL ROBERT KOCH (1843-1910) – Dokter berkebangsaan Jerman yang disebut bapak bakteriologi modern. Penemuannya merupakan sumbangan penting dalam menyusun prinsip dasar bakteriologi modern. Pe­nemuannya yang terkenal, antara lain, bakteri antraks dan tuberkulosis, pengembangan teknik pewarnaan, biakan murni, inkubasi, dan penanaman bakteri. Pada tahun 1905 ia memenangkan Hadiah Nobel Kedok­teran atas jasanya menemukan bakteri penyebab pe­nyakit tuberkulosis. Koch juga terkenal dengan Pos­tulat Koch.
Koch dilahirkan di Klausthal, Hannover, Jerman Barat. Pada usia 19 tahun ia diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Gottingen. Empat tahun kemudian ia lulus dengan predikat sangat memuas­kan. Kariernya diawali sebagai dokter di kota- kota propinsi, lalu seba­gai dokter sukarela da­lam Perang Prusia di tahun 1870. Di laborato­rium kecil di rumahnya Koch mula-mula menga­mati ganggang lalu organisme patogen mela­lui mikroskop, mikrotom, dan inkubator buatan. Sa­lah satu hasil penelitiannya memperlihatkan adanya bakteri antraks pada domba yang terkena penyakit itu; juga daur hidup bakteri tersebut.
Pada tahun 1882 Koch menemukan Mycobacte­rium tuberculosis, yakni kuman penyebab penyakit,,, tuberkulosis. Di Mesir ia menemukan Vibrio chole- rae, bakteri penyebab penyakit kolera, setahun kemu­dian. Di India ia menemukan sumber penyebab pe­nyakit kolera, yaitu air yang telah terkontaminasi. Koch juga meneliti penyakit pes, disentri, demam tifoid, pneumonia, malaria, dan penyakit sulit tidur (insomnia).

MENGENAL ROBERT KOCH (1843-1910) | ok-review | 4.5