MENGENAL RALPH WALDO EMERSON (1803-1882)

By On Thursday, February 27th, 2014 Categories : Review

Penulis puisi dan esai, kritikus, dan filsuf beraliran populer asal Amerika Serikat. Ia lebih dikenal sebagai seorang penulis dan tokoh utama dalam aliran transendentalis New England. Pemikir­annya berpengaruh besar atas filsuf seperti Friedrich Nietzsche dan Henri Berg-son; juga mengilhami ber­bagai aliran filsafat seperti skeptisisme dan idealisme.
Emerson lahir dalam ke­luarga pendeta. Umurnya delapan tahun ketika ayah­nya meninggal, dan ia pun dididik ketat oleh bibinya.
Pada tahun 1829 ia ditah­biskan sebagai pendeta. Pe­ngalaman emosionalnya yang terdalam terjadi ketika ia menikahi Ellen Louisa Tucker juga dalam tahun 1829. Belum genap dua tahun perkawinan itu, istri­nya meninggal.
Prosanya yang pertama, Nature (1836), merupakan karya klasik yang rumit. Dalam karya ini Emerson me­maparkan keyakinannya bahwa alam mengatur kehi­dupan manusia.
Ralph Waldo Emerson menghasilkan banyak bu­ku, di antaranya Threnody (1842), karya puisi untuk mengenang anaknya yang meninggal; Poems (1846), kumpulan puisi yang mengangkatnya sebagai seorang penulis puisi Amerika kenamaan; dan The Conduct of Life (1860), buku yang mengupas segala keterba­tasan manusia serta karyanya yang dianggap paling matang.

MENGENAL RALPH WALDO EMERSON (1803-1882) | ok-review | 4.5