MENGENAL MUHAMMAD JAMIL JAHO (1883- 1945)

By On Tuesday, April 1st, 2014 Categories : Review

MENGENAL MUHAMMAD JAMIL JAHO (1883- 1945) – Tokoh ulama di kalangan kaum tua di Minangkabau. Di ma­sa remajanya ia belajar agama keberbagai surau. Mu­lanya ia berlajar pada Syekh Jafri yang memimpin surau Gunung Raja, selama 5 tahun. Kemudia ia be­lajar pada Syekh Ayub yang memimpin surau Tan­jung Bungo di Padang Ganting. Setelah itu ia belajar ke beberapa surau lain dan akhirnya berangkat ke Me- kah. Di sana ia menjadi murid Syekh Ahmad Khatib Minangkabau. Ia tinggal di Mekah selama 10 tahun.
Setelah kembali ke Minangkabau, Jamil Jaho men­dirikan lembaga pendidikan di Jaho. Perguruan ini memperoleh perhatian yang cukup besar dari umat Islam Minang. Semula ia ikut dalam perserikatan Muhammadiyah di Padangpanjang, namun kemudian ia mengundurkan diri.
Sebagai pendukung mazhab Syafi’i, Jamil Jaho ikut aktif mendirikan Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Per- ti). Ia juga meninggalkan beberapa karya tulis, antara lain Tadzkiratu ‘Qulub, Nujumu 7 Hi Hayahfi Raddi Ala A hli ‘IGhi way a h dan Sumusu 7 Lamiyhfi Aqi dati 7 Diyanah.

MENGENAL MUHAMMAD JAMIL JAHO (1883- 1945) | ok-review | 4.5