MENGENAL LEIF ERICSON

By On Saturday, March 1st, 2014 Categories : Review

Atau Leiv Eriksson Den Hepne, adalah seorang penjelajah besar Norwe­gia. Menurut catatan dari abad ke-13 dan ke-14 yang ditemukan di Eslandia, ia dapat dipastikan menjadi salah satu anggota sebuah ekspedisi Viking. Tetapi, dengan mengesampingkan keraguan para ahli sejarah, Leif Erifson dianggap sebagai pemimpin ekspedisi Eropa yang pertama mendarat di daratan Amerika Utara.
 
Leif Ericson berayah Erik Merah, orang Eropa per­tama yang menjadikan Tanah Hijau sebagai wilayah koloni. Oleh raja Norwegia, Olaf I Tryggvason, Leif Ericson dibaptis menjadi seorang Kristen. Ia lalu di­tugaskan oleh Raja Olaf untuk juga menyebarkan agama Kristen kepada.para penduduk Tanah Hijau. Konon, dalam perjalanan antara Norwegia dan Ta­nah Hijau itulah ia mendarat di wilayah Amerika Utara, di suatu tempat bertanah subur dan penuh dengan pepohonan anggur liar. Ia pun menamakan daerah itu Vinland, atau Tanah Anggur. Demikian menurut Eiriks Saga (Hikayat Eric).
Versi lain tentang Leif Ericson adalah Groenlendinga Saga (Kisah Tentang Para Pendatang di Tanah Hijau), yang oleh para ahli dianggap lebih dapat di­andalkan kebenarannya. Dalam kisah ini Leif Eric- son hanya disebut-sebut dalam bagian Flateyjarbok (Buku Nyanyian). Di situ dikisahkan bahwa Leif Ericson bukan orang pertama yang sampai di Vinland (Tanah Anggur). Ia mengetahui tempat itu dari se­orang Eslandia, Bjarni Herjulfsson, yang ketika itu sudah berdiam di sana selama 14 tahun.

MENGENAL LEIF ERICSON | ok-review | 4.5