MENGENAL LANNY LUMANAUW KALIGIS

By On Monday, April 7th, 2014 Categories : Tokoh

MENGENAL LANNY LUMANAUW KALIGIS – Petenis putri Indonesia spesialis nomor ganda yang terkenal di tahun 1970-an. Dalam Asian Games Bangkok (1966) ia menjuarai partai tunggal dan ganda putri (berpasangan dengan Lita Sugiarto). Dalam kejuaraan yang sama, berpasangan dengan Gouw Soen Houw, ia meraih tempat ketiga dalam partai ganda campuran.
Prestasi Kaligis di dunia tenis putri mulai menanjak ketika ia meraih tempat ketiga dalam nomor beregu putri dalam Asian Games Jakarta (1962). Setelah itu ia mengikuti Pekan Ola­hraga Nasonal (PON) Surabaya (1969) dan Ja­karta (1973), mewakili Jawa Barat. Di Surabaya ia berpasangan dengan Leonita Halim, sedang­kan di Jakarta dengan Isye Arbi. Prestasinya te­rus naik. Pada tahun 1973 ia masuk peringkat “8 besar” dalam kejuara­an tenis di Jerman Barat. Pada tahun itu pula ia merebut juara pertama tunggal putri Kejuaraan Tenis Amatir Asia di Manila. Pada tahun 1974, di kejuaraan yang sama, ia meraih juara pertama nomor ganda putri (ber­sama Lita Sugiarto). Tetapi pada tahun 1975 pasangan ini hanya berhasil meraih tempat ketiga.
Pasangan Lanny Kaligis dan Lita Sugiarto kemu­dian terkenal sebagai pasangan ganda putri yang sulit dikalahkan. Mereka bahkan berhasil mencapai babak final kejuaraan Wimbledon (1976) dan menjuarai no­mor ganda putri di SEA Games Kuala Lumpur (1977).
Setelah menikah dan mengundurkan diri sebagai pemain, Lanny Kaligis memilih menjadi pelatih tenis di Medan, Sumatra Utara.

MENGENAL LANNY LUMANAUW KALIGIS | ok-review | 4.5