MENGENAL KOTA KARACHI

By On Monday, April 14th, 2014 Categories : Antropologi, Budaya

MENGENAL KOTA KARACHI – Kota terbesar, pelabuhan utama, sekali, gus ibu kota Propinsi Sind di Pakistan. Sebelumnya kota ini pernah ‘menjadi ibu kota Pakistan. Letaknya di pantai Laut Arab, di barat laut delta Sungai Indus Luas wilayah metropolitannya 1.450 kilometer persei gi dan perkotaannya 591 kilometer persegi. Jumlah penduduk perkotaannya sekitar 4.776.000 jiwa sedangkan metropolitannya 5.280.100 jiwa (1988).
Karachi dibangun tahun 1729 dan secara bertahap berkembang menjadi pusat perdagangan selama abad ke-18. Pada tahun 1843 kota itu dianeksasi Kerajaan Inggris. Di bawah kekuasaan Inggris, kota itu menjadi pusat militer dan pelabuhan yang penting. Selama Pe. rang Dunia II, Karachi merupakan basis komando perhubungan udara Amerika Serikat. Tahun 1947 ko­ta itu dijadikan ibu kota Pakistan, sebelum dipindah­kan ke Rawalpindi (1959) dan Islamabad (1967).
Di musim panas, suhunya sekitar 34°C, bahkan ka­dang-kadang mencapai 41°C; suhu terendah 13°C. Curah hujannya sekitar 203 milimeter per tahun. Ketinggiannya sekitar 37 meter dari atas permukaan laut. Sungai Malir dan Layari, yang bersifat musiman, mengalir di kota itu.
Sekitar separo penduduk Karachi adalah pendatang dari kota-kota lain, dari India, atau negara lain. Ke­giatan sosial dan budaya mereka umumnya berkaitan dengan Islam. Kegiatan ini berpusat di Pakistan Art Center sedangkan kegiatan seni tari dan kegiatan lainnya di Ghanshyam Art Center dan Bulbul Academy, Selain itu, Universitas Karachi (1951) juga meluluskan tenaga-tenaga terampil dalam banyak bidang. Perpustakaan terbesar di seluruh negara juga terdapat di universitas itu.
Perekonomiannya sebagian besar ditunjang oleh sektor industri, perdagangan, dan jasa. Industri utamanya meliputi industri tekstil, alas kaki, logam, kertas, alat-alat rumah tangga, mesin-mesin, bahan kimia, kulit, karet, dan alat-alat elektronik. Barang tenunan, rend karpet, dan hiasan dari logam serta ke­ramik merupakan hasil kerajinan rumah. Di bidang jasa, Karachi merupakan pusat perbankan Pakistan. Di kota ini, terdapat makam Mohammed Ali Jinnah, pendiri negara Pakistan.

MENGENAL KOTA KARACHI | ok-review | 4.5