MENGENAL KOTA KANSAS

By On Wednesday, April 9th, 2014 Categories : Antropologi

MENGENAL KOTA KANSAS – Salah satu negara bagian Amerika Serikat yang diresmikan pada tanggal 29 Januari 1861. Ibu kotanya Topeka. Negara bagian ini berbatasan dengan Nebraska di utara, Missouri di timur, Oklahoma di se­latan, dan Kolorado di barat. Luas wilayahnya 213.098 kilometer persegi. Jumlah penduduknya se­kitar 2.450.000 jiwa (1988).
Nama Kansas berasal dari nama sungai utama, Kansas, yang mengalir di sana, dan berarti “Penduduk Angin Selatan”. Kansas sering disebut “Negara Ba­gian Bunga Matahari” (Sunflower State) karena ba­nyaknya tanaman itu tumbuh di sana, dan Wheat State atau The Breadbasket of America karena penghasil gandum utama di Amerika Serikat.
Suhu udaranya berkisar antara 25°C di musim pa­nas sampai 0°C di musim dingin. Curah hujan rata-ra­tanya 690 milimeter per tahun; di perbatasan barat curah hujan lebih sedikit.
Penduduk negara bagian ini terdiri atas keturunan berbagai bangsa seperti Indian, Asia, Negro. Sebagian besar tinggal di daerah perkotaan. Mereka umumnya beragama Katolik Roma dan Kristen Metodis.
Perekonomian. Sebagian besar (90 persen) wila­yah Kansas dijadikan lahan pertanian yang merupa­kan tulang punggung perekonomian selain industri. Wilayah ini merupakan penghasil gandum dan sor­gum utama, penghasil daging sapi terbesar ketiga, dan babi untuk urutan kesembilan di antara negara bagian Amerika Serikat. Hasil pertanian lainnya adalah ja­gung, kacang kedelai, dan jerami.
Industri terpenting adalah pembuatan kapal ter­bang. Pusatnya di Wichita, tetapi industri suku ca­dangnya tersebar di beberapa kota.

MENGENAL KOTA KANSAS | ok-review | 4.5