MENGENAL KOTA KAMPALA

By On Tuesday, April 8th, 2014 Categories : Antropologi, Budaya

MENGENAL KOTA KAMPALA – Ibu kota dan kota terbesar di Uganda, Afrika Timur. Letaknya di daerah perbukitan yang sa­ngat subur, di bagian utara Danau Victoria, sekitar 32 kilometer di timur laut Entebbe. Jaraknya dari garis khatulistiwa sekitar 20 kilometer. Namun karena ketinggiannya 1.190 meter dari atas permukaan laut, suhu rata-ratanya 21 °C. Curah hujannya sekitar 1.240 milimeter per tahun.
Pada sekitar abad ke-19, Kampala merupakan ibu kota Kerajaan Buganda. Pada tahun 1890, Kampala dijadikan markas besar Imperial British East Africa Company oleh Kapten Frederick Lugard. Benteng Lu- gard, yang terdapat di Bukit Kampala, membuktikan bahwa kota ini secara administratif pernah dijadikan markas besar koloni Uganda hingga tahun 1905, sebe­lum akhirnya dipindahkan ke Entebbe. Pada tahun 1949, Kampala menjadi kota yang berpemerintahan sendiri, dan setelah Uganda merdeka (1962), kota ini dijadikan ibu kotanya, menggantikan Entebbe.
Penduduk Kampala sekitar 458.423 (1988). Mere­ka beragama Islam, Hindu, dan Kristen. Fasilitas pen­didikan yang tersedia meliputi sekitar 20 sekolah dan beberapa perguruan tinggi. Universitas terkenal yang dibangun di sana, Universitas Makerere, didirikan pa­da tahun 1922.
Hasil ekspor Kampala adalah kopi, kapas, teh, tem­bakau, dan gula. Selain itu dihasilkan pula makanan, logam, peralatan rumah tangga, dan traktor.

MENGENAL KOTA KAMPALA | ok-review | 4.5