MENGENAL KAPAL KOMANDO ARMADA TNI-AL

By On Friday, April 11th, 2014 Categories : Sosial, Teknologi

MENGENAL KAPAL KOMANDO ARMADA TNI-AL, Kapal perang Republik Indonesia (KRI) yang menjadi kapal komando bagi panglima-panglima armada TNI-AL. Perlengkapan khusus yang terdapat dalam kapal ini terutama adalah perangkat sistem komunikasi dan ruang-ruang komando/operasi bagi panglima armada dan staf-terasnya dalam memimpin operasi armada. Kapal jenis ini digunakan dalam gelar Sistem Senjata Armada Terpadu Armada Barat maupun Armada Ti­mur TNI-AL, bagi operasi armada pada umumnya maupun dalam perang-laut khususnya, terutama ope­rasi pendaratan amfibi.
Kapal-kapal komando mulai secara khusus dipakai oleh angkatan-angkatan laut modern dalam Perang Dunia II, dan tidak sekadar menjadi pusat-pusat ko­mando dan pengendalian operasional, tetapi juga menjadi sentra-sentra penyadapan terhadap komuni­kasi lawan dan pusat-pusat pengumpulan intelijen. Kapal-kapal komando yang berada di tengah aksi-ak­si operasional armada dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem komando dan pengendalian armada, khususnya apabila terlibat operasi amfibi dalam gelar perangnya. Panglima armada memiliki akses langsung terhadap segala situasi perang yang dihadapi olen Komandan Pasukan Amfibi/Pendarat.
Lazimnya, seperti yang terdapat dalam armada TNI-AL, yang dipakai sebagai kapal komando adalah kapal perang terbesar/terkuat dalam armada yang bersangkutan, yang lazim disebut Kapal Bendera.
Akan tetapi, dalam perkembangan mutakhir diran­cang kapal-kapal perang yang secara khusus menga­komodasi perangkat-perangkat keras bagi seluruh kebutuhan sistem kodal gelar armada, dengan per­lengkapan persenjataan minimal, terutama untuk ke­butuhan defensif.
Dalam armada-armada TNI-AL, baik Armada Ba­rat yang berpangkalan di Teluk Ratai, Lampung, dan bermarkas komando di Jakarta, maupun Armada Ti­mur yang berpangkalan di Tanjung Perak, Jawa Ti­mur, dan bermarkas komando di Surabaya, belum di­terapkan sistem kapal komando secara permanen. Kapal perang TNI-AL yang dipakai sebagai kapal ko­mando disesuaikan dengan kebutuhan gelar operasi armada yang dilakukan.

MENGENAL KAPAL KOMANDO ARMADA TNI-AL | ok-review | 4.5