MENGENAL KABUPATEN KAMPAR

By On Tuesday, April 8th, 2014 Categories : Budaya

MENGENAL KABUPATEN KAMPAR – Terletak di Propinsi Riau. Ibu kotanya Bangkinang. Di utara, kabupaten ini ber­batasan dengan Kabupaten Bengkalis dan Propinsi Sumatra Utara; di timur dengan Kabupaten Kepulau­an Riau; di selatan dengan Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir; di barat dengan Propinsi Sumatra Barat. Luasnya 28.291,86 kilometer persegi, terbagi atas 15 kecamatan yang meliputi 211 desa.
Keadaan Alam.
Wilayah Kabupaten Kampar ber­bukit-bukit, terutama di sepanjang perbatasan dengan Propinsi Sumatra Barat. Secara fisiografis, kabupaten ini terbagi atas tiga wilayah, yaitu (1) wilayah perbu­kitan di sebelah barat yang dikenal sebagai Rangkaian Bukit Barisan; (2) wilayah rawa di sebelah timur; dan (3) wilayah dataran rendah di antara wilayah perbu­kitan dan wilayah rawa. Di sini terletak kota Bang­kinang tempat adanya penambangan timah di daratan.
Banyak sungai besar dan kecil mengalir di Kabupa­ten Kampar. Penduduk biasa memanfaatkannya untuk pelayaran dan sumber kehidupan. Beberapa sungai besar mengalir di sini, yakni Sungai Rokan, Siak, dan Kampar. Di bagian hulu, Sungai Kampar terbagi dua, yaitu Sungai Kampar Kanan dan Kampar Kiri.
Selain sungai, di kabupaten ini terdapat 86 danau, di antaranya Danau Langgai (64 hektar), Wangko (64 hektar), Bakuok (£0 hektar), Ligan Laut (37,5 hektar), Tanjung Pahit (36 hektar), Poki (36 hektar), dan ain- lain. Danau-danau itu menjadi tempat pengembangan ikan dan sumber mata pencaharian rakyat.

MENGENAL KABUPATEN KAMPAR | ok-review | 4.5