MENGENAL JUNIUS RICHARD JAYEWARDENE

By On Saturday, April 5th, 2014 Categories : Tokoh

MENGENAL JUNIUS RICHARD JAYEWARDENE – Presi­den Sri Lanka dari tahun 1978 sampai 1988. Masa pe­merintahannya ditandai dengan perang saudara antara penduduk keturunan Sinhala dan Tamil. Untuk meng­atasi persengketaan ini, ia meminta bantuan militer dari Perdana Menteri India, Rajiv Gandhi, pada ta­hun 1987. Tetapi kerja sama ini ditentang keras oleh banyak negara, dan ternyata tidak memecahkan ma­salah. Karena itu kedua pemimpin negara itu menan­datangani persetujuan bersama pada tanggal 29 Juli 1987.
Walaupun mendapat pujian internasional, perse­tujuan tersebut tetap ditentang keras oleh kaum mili­tan Tamil maupun Budhis, kaum nasionalis Sinhala, dan partai-partai oposisi, bahkan oleh beberapa pe­jabat pemerintahan termasuk Perdana Menteri Rana- singhe Premadasa. Maka perang saudara pun terus berlangsung.
Untuk lebih memastikan berlakunya persetujuan Juli 1987 itu, Jayewardene meminta bantuan dari be­berapa negara (antara lain Amerika Serikat, Pakistan, India, dan Cina) untuk “memadamkan gerakan revo­lusioner yang merongrong pemerintahan Sri Lanka yang terpilih secara demokrasi”. Sebagai jawaban atas permintaan itu, beberapa negara menyetujui mem­berikan “bantuan logistik”, untuk tidak menyebut bantuan militer.
Dalam pemilihan umum 1988 Jayewardene tidak berhak lagi mencalonkan diri sebagai presiden, karena ia sudah memangku jabatan itu selama dua periode. Bekas perdana menterinya, Ranasinghe Premadasa, terpilih sebagai presiden.

MENGENAL JUNIUS RICHARD JAYEWARDENE | ok-review | 4.5