MENGENAL JOHN KENNETH GALBRAITH

By On Friday, December 13th, 2013 Categories : Ekonomi

JOHN KENNETH GALBRAITH, adalah Seorang ahli ekonomi kebangsaan Kanada yang mempunyai pandangan yang radikal mengenai cara kerja ekonomi pasar. Pandangan ini terdapat dalam satu serial buku seperti The Affluent Society (1958) dan The New Industrial State (1967). Galbraith memberi kesan bahwa ekonomi industri maju terdiri dari sektor usaha kecil yang bersifat kompetitif dan sektor usaha industri yang bersifat monopoli dan dikendalikan oleh kaum teknokrat. Galbraith menyoroti cara kerja sektor yang disebut terakhir.
Galbraith berargumen bahwa rencana kegiatan perusahaan-perusahaan besar adalah untuk meminimumkan ketidakpastian pasar dan melalui periklanan mengusahakan adanya permintaan untuk produk-produk baru sebelum produk tersebut dibuat: merupakan URUTAN TERBALIK (REVISED SEQUENCE), dibandingkan dengan pandangan ekonomi konvensional bahwa konsumen mengutamakan pemenuhan kebutuhan baru kemudian mengalokasikan sumber-sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Walaupun demikian, Galbraith menyatakan bahwa beberapa perusahaan besar membantu dalam pengembangan teknologi dan skala ekonomi yang telah memberikan pendapatan yang besar. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pertumbuhan dari perusahaan besar menyebabkan tumbuhnya serikat dagang sebagai sesuatu KEKUATAN TANDINGAN (COUNTERVAILING POWER) untuk menjamin pembagian keuntungan yang efisien bagi para buruh. Dengan demikian, Galbraith berargumen bahwa perusahaan besar sebaiknya tidak dipecah tetapi dikendalikan oleh pemerintah untuk mencegah penyalahgunaan kekuatan monopoli mereka, dengan mencoba meningkatkan kekuatan tandingan dari konsumen dan pengusaha kecil.
Galbraith juga mengritik pasar ekonomi Amerika yang menyediakan sedikit sumber daya bagi sektor pemerintah sementara mengizinkan dominasi kegiatan sektor swasta yang mengakibatkan kondisi swasta yang kaya dan publik yang miskin.

MENGENAL JOHN KENNETH GALBRAITH | ok-review | 4.5