MENGENAL JENS ERICSSON (1803-1889)

By On Saturday, March 1st, 2014 Categories : Review

Atau John Erics­son, adalah ahli teknik kelautan dan penemu dari Amerika Serikat kelahiran Swedia. Penemuannya antara lain sistem persenjataan meriam berputar pa­da kapal perang, juga baling-baling sebagai pengge­rak kapal yang dipatenkannya pada tahun 1836 dan pertama kali digunakan pada tahun 1837.
Jens Ericsson lahir di Langbanshyttan, Swedia. Ia pernah bertugas sebagai ahli topografi dalam angkatan bersenjata Swedia. Ia hijrah ke London pada tahun 1826. Di negara ini ia merancang lokomotif uap da­lam rangka suatu pertandingan pada tahun 1829. Lo­komotif uap rancangannya kalah dari lokomotif se­rupa rancangan George Stephenson. Sejak tahun 1833 ia mulai dengan penemuan barunya, mesin kalori, yang menghasilkan panas dan pembakaran. Menje­lang akhir 1839 ia beremigrasi ke Amerika Serikat.
Di Amerika Serikat inilah Jens Ericsson memper­kenalkan kapal perang bertenaga uap, berbaling- baling, dengan sistem persenjataan meriam berputar. Model kapal perang temuannya ini hingga abad ke-20 terus mengalami pengembangan. Penemuannya yang lain adalah torpedo dan motor bertenaga sinar mata­hari.

MENGENAL JENS ERICSSON (1803-1889) | ok-review | 4.5