MENGENAL JEAN-BERN ARD-LEON FOUCAULT (1819-1868)

By On Tuesday, March 18th, 2014 Categories : Filsafat

Dokter berkebangsaan Perancis yang memperkenalkan dan mengembangkan teknik pengukuran kecepatan cahaya absolut dengan ketepatan yang tinggi. Walau­pun latar belakang pendidikannya di bidang kedokter­an, ia lebih berminat untuk mendalami fisika. Bersa­ma ahli fisika terkemuka Perancis, Armand Fizeau, Foucault mengadakan serangkaian penelitian menge­nai cahaya dan panas. Tahun 1850 ia menyatakan bah­wa cahaya bergerak lebih lambat di dalam air diban­dingkan di udara. Dan pada tahun yang sama ia ber­hasil mengukur kecepatan cahaya dengan ketelitian di atas 99 persen.
Dengan cara mengayunkan bola berat dari besi yang diikat dengan kawat sepanjang 67 meter, pada tahun 1851 Foucault membuktikan bahwa bumi berputar pa­da sumbunya. Bandul ala Foucault itu terlihat selalu berayun pada bidang vertikal yang sama. Tetapi da­lam bumi yang berotasi, secara perlahan kecepatan dan arah bidang vertikal itu berubah, sesuai dengan letak garis lintang percobaan ini dilakukan.
Atas demonstrasi itu dan demonstrasi lain yang hampir mirip, dengan menggunakan giroskop, Fou­cault menerima Copley Medal dari Royal Society of London pada tahun 1855 dan diangkat sebagai asisten fisika di Imperial Observatory, di Paris. Penemuan Foucault lainnya adalah adanya arus eddy atau arus Foucault dalam suatu cakram tembaga. Arus itu ber­gerak dalam medan magnet yang kuat, memperbaiki
pantulan bayangan pada teleskop. Selain itu, pada ta­hun 1859 ditemukan juga metode sederhana dan te­pat dalam menguji bayangan yang dihasilkan teles­kop pada benda yang permukaannya kasar/rusak.

MENGENAL JEAN-BERN ARD-LEON FOUCAULT (1819-1868) | ok-review | 4.5