MENGENAL JAKARTA DHAMMACAKKA JAYA

By On Wednesday, April 2nd, 2014 Categories : Review

MENGENAL JAKARTA DHAMMACAKKA JAYA – Sebuah wi­hara yang terletak di kawasan pemukiman Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara. Wihara ini didiri­kan pada tanggal 24 Agustus 1985. Peletakan batu per­tamanya dilaksanakan tanggal 2 September 1982.
Wihara ini dibangun di atas tanah seluas 8.640 me­ter persegi, milik PT Agung Podomoro, yang kemu­dian disumbangkan oleh pemiliknya, Bapak Anton Haliman, untuk kepentingan Sangha Theravada Indo­nesia. Dalam kompleks wihara ini tersedia berbagai fasilitas, antara lain gedung upacara keagamaan khusus untuk menetapkan keputusan sangha yang penting (upc athagara), balai pembabaran dharma (dhamma- sala), tempat tinggal biku (kuti), perpustakaan, ruang pendidikan, dan taman yang disebut Taman Lumbini.
Sebuah patung Budha terbuat dari logam mulia dengan tinggi 3,19 meter dan bobot kurang lebih tiga ton diletakkan pada posisi utama di dalam wihara ini. Patung ini adalah sumbangan umat Budha Thailand. Pembuatan patung ini diawali pengecoran yang dila­kukan sendiri oleh Raja Thailand, Bhumibol Adulyadei, dalam suatu upacara sakral khusus untuk mak­sud ersebut. Di kemudian hari, umat Budha Indo­nesia membalas sumbangan ini dengan patung batu berukuran hampir sama, buatan Muntilan, Jawa Tengah.
Gedung uposatha atau uposathagara wihara ini te­lah dikukuhkan secara khusus. Pengukuhan disertai tekad dan batas yang ditetapkan sangha ini disebut baddha sima. Pada uposathagara ini, batasnya ber­cirikan sembilan batu di delapan penjuru dan satu di tengah-tengah lokasi. Batu-batu ini dipilih dan diambil dari sembilan penjuru tanah air yang ditentukan secara khusus.
Dana pembangunan wihara ini mendekati satu mi­liar rupiah. Dana ini dikumpulkan sedikit-sedikit dari umat dan sumber lainnya. Bantuan Presiden Soeharto untuk pembangunan wihara ini tercatat sebesar Rp 25.000.000, sedangkan bantuan Departemen Agama dan Pemerintah DKI Jaya mencapai Rp 8.200.000.

MENGENAL JAKARTA DHAMMACAKKA JAYA | ok-review | 4.5