MENGENAL GUSTI KETUT KOBOT (1917-1970)

By On Sunday, April 20th, 2014 Categories : Budaya, Review

MENGENAL GUSTI KETUT KOBOT (1917-1970) – Semula pelu­kis wayang Bali. Bersama rekannya, Cokorda Oka Gambir, ia membuat tokoh-tokoh wayang kulit berga­ya Bali di Puri Agung Peliatan. Ia kemudian beralih melukis di atas kanvas setelah perkenalannya dengan pelukis terkenal Belanda, Rudolf Bonnet. Namun de­mikian Kobot tidak dapat sepenuhnya menghilangkan pengaruh melukis wayang. Hampir semua lukisannya mengangkat adegan cerita wayang Ramayana dan Mahabarata sebagai objeknya.
Pelukis yang dilahirkan di desa Pengosekan, Ubud, Bali, ini menjadi anggota perkumpulan pelukis Bali “Pita Maha” pada tahun 1936. Sejak itu namanya ter­kenal karena karyanya sering ditampilkan dalam ber­bagai pameran yang diselenggarakan perkumpulan itu, baik di dalam maupun di luar negeri. Oleh banyak pengamat lukisan, Kobot dinilai berpengaruh besar atas para pelukis Pita Maha yang lain. Pengaruhnya semakin luas sehubungan dengan peranannya sebagai pembimbing para pelukis muda di desa Pengosekan.
Pengabdian Kobot dalam dunia seni lukis mem­buahkan penghargaan berupa Piagam Wijaya Kusuma dan Piagam Dharma Kusuma baginya dari Peme­rintah Daerah Propinsi Bali. Kini banyak lukisannya dimiliki oleh beberapa pencinta lukisan di dalam dan di luar negeri.

MENGENAL GUSTI KETUT KOBOT (1917-1970) | ok-review | 4.5