MENGENAL GEORGE EASTMAN (1854-1932)

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Review

Dikenal sebagai salah seorang pengembang teknik fotografi. Berkat jasanya, kini pemotretan mudah dipraktekkan oleh orang awam. Ia pemilik Eastman Kodak Company, perusahaan terkemuka di bidang fotografi. Sebelum Jepang mengekspor produk-produk filmnya, film foto Kodak merupakan film yang paling banyak diguna­kan di berbagai negara di dunia, termasuk di Indo­nesia.
Minatnya yang sangat besar atas fotografi mem­bawanya pada penemuan pelat kaca kering untuk ka­mera di tahun 1879. Penemuannya ini mempermudah proses pembuatan foto. Ia pun mendirikan perusahaan pembuat film dan pelat kaca kering. Selain itu, per­usahaan ini juga mengeluarkan kamera Kodak, ka­mera Brownie, dan film tembus cahaya. Pada masa itu kamera Kodak begitu terkenal sehingga di Indo­nesia orang menyebut semua kamera dengan istilah “kodak”. Kini nama Eastman dikenal sebagai pem­buat video, kertas, bahan kimia, serat, plastik, dan berbagai peralatan optik.
Di Rochester, Amerika Serikat, tempat pabrik dan kediamannya berdiri, George Eastman dikenang se­bagai seorang yang dermawan. Tahun 1924 ia meng­amalkan setengah dari seluruh kekayaannya kepada lembaga pendidikan dan riset Universitas Rochester dan Institut Teknologi Massachusetts. Rumahnya se­karang menjadi museum fotografi.

MENGENAL GEORGE EASTMAN (1854-1932) | ok-review | 4.5