MENGENAL FOREMAN, GEORGE

By On Sunday, March 16th, 2014 Categories : Review

Petinju Amerika Serikat yang merebut gelar juara dunia kelas berat dari Joe Frazier pada tahun 1973. Tetapi gelar itu hilang lagi dari tangannya pada tahun 1974 setelah ia dipu­kul KO oleh Mohammad Ali. Kekalahan ini pertama kali ia alami sejak ia men­jadi petinju profesional.
Sebelumnya sebanyak 40 kali ia menang terus, 37 di antaranya dengan KO.
George Foreman tak lu­lus sekolah menengah atas. Tahun 1965 ia masuk Job Corps, suatu program pe­merintah yang memberi la­tihan dan bimbingan kepada anak muda tuna karya.
Di sana ia belajar tinju. Pada tahun 1968 ia berhasil menjuarai tinju kelas berat di Olimpiade Meksiko. Ia kemudian menjadi petinju profesional yang tak ter­kalahkan sampai ia bertemu dengan Mohammad Ali di Kingston, Jamaica, 1974. Dalam pertandingan itu ia dipukul KO dalam ronde ke-8. Pada bulan Januari 1976 ia berhadapan dengan Ron Lyle untuk mem­perebutkan gelar juara kelas berat Amerika Serikat, dan menang. Gelar ini ia pertahankan setelah ia me­nang lagi atas Joe Frazier enam bulan kemudian. Ta­hun 1976 ia mengundurkan diri dari dunia tinju un­tuk menjadi pendeta. Tetapi tahun 1988, pada usia 39 tahun, ia menyatakan diri naik ring lagi, dan ber­hasil memukul roboh beberapa lawannya.

MENGENAL FOREMAN, GEORGE | ok-review | 4.5