MENGENAL FOLLET, MARY PARKER (1868-1933)

By On Saturday, March 15th, 2014 Categories : Review

Salah se­orang pionir dalam teori organisasi yang menganggap manusia sebagai faktor utama dalam manajemen. Sumbangan pemikiran Follet telah mengubah pende­katan manajemen atas dasar prinsip yang kaku dengan memadukan prinsip-prinsip administrasi dan psiko­logi; juga dengan merangsang penelitian tentang inter­aksi antarmanusia dalam organisasi.
Sejak permulaan karier sampai saat meninggalnya pada tahun 1933, Follet berupaya membina sebuah falsafah manajemen yang didasarkan pada keyakinan bahwa masyarakat yang kuat dan produktif hanya da­pat diwujudkan apabila ada motivasi ke arah itu. Ia memandang industri sebagai bidang usaha manusia yang paling penting, dan manajemen adalah elemen yang paling dasar dalam industri. Ia mengisi sebagian besar hidupnya dengan menulis dan berceramah ten­tang pengembangan manajemen sebagai profesi. Follet juga secara khusus memperhatikan proses kejiwaan dalam hubungan antarmanusia. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Creative Experience yang terbit tahun 1924.
Pakar-pakar dalam bidang perilaku manusia seperti Elton Mayo, Chester I. Barnad, dan Kurt Lewin men­daulat Mary Parker Follet sebagai orang pertama yang berusaha menjembatani jurang antara pendekatan me­kanistis ala Taylor dan pendekatan modern yang me­nekankan pada perilaku manusia.
Lahir di Boston dalam tahun 1868, Mary Parker Follet mengambil jurusan filsafat, hukum, dan ilmu politik pada Akademi l’hayer dan Kolese Radcliffe. Setelah lulus ia mengajar pada Kolese Newham di Cambridge, Inggris, dan memperdalam pengetahuan­nya dalam bidang organisasi dan humanisme di Perancis.

MENGENAL FOLLET, MARY PARKER (1868-1933) | ok-review | 4.5