MENGENAL ENRICO FERMI, (1901-1954)

By On Friday, March 14th, 2014 Categories : Review

Fisikawan Amerika Serikat asal Italia. Dia dianggap pencetus pertama da­lam era atom, juga orang pertama yang menghasil kan reaksi berantai nuklir pada tahun 1942. Selain itu, ia juga memperoleh Nobel Fisika tahun 1938 untuk penelitian nuklir yang dilakukannya. Tahun 1943 ia memenangkan Me­dali Hughes Royal Society dari pemerintah Inggris.
Enrico Fermi dilahirkan di Roma. Ia belajar di Uni­versitas Roma. Gelar dok­tornya diperoleh dari Uni­versitas Pisa, kemudian menjadi profesor bidang fi­sika teoretis di Universitas Roma pada tahun 1926. Ketika fasisme merajalela, Fermi melarikan diri ke Amerika Serikat dan mene­tap di sana. Di Universitas Columbia ia menjadi pro­fesor bidang fisika (1939). Pada tahun 1942 ia pin­dah ke Universitas Chicago dan menjadi profesor fi­sika. Ia memelopori riset partikel-partikel energi tinggi sesudah Perang Dunia II usai.
Tahun 1934 ia membuktikan bahwa neutron-neu­tron yang bergerak lambat sangat efektif dalam meng­hasilkan atom radioaktif. Penemuan ini mempunyai arti penting, karena neutron-neutron tersebut mam­pu memecah isotop uranium, U-235. Berdasarkan semua eksperimen ini, Fermi menyatakan adanya elemen-elemen yang berada di luar uranium, tanpa menyadari bahwa ia sebetulnya telah berhasil meme­cahkan atom (1934). Pada tahun 1938, eksperimen yang sama dilakukan juga oleh Otto Hahn dan Fritz Strassmann dari Jerman. Lise Meitner dan Otto Frisch membuktikan bahwa atom uranium telah berhasil di­pecahkan, dan mereka menamakan proses ini peme­cahan nuklir.
Untuk menghormati Enrico Fermi, namanya di­abadikan untuk penghargaan tertinggi Departemen Energi Amerika Serikat, yakni Enrico Fermi Award. Selain itu namanya juga dipakai untuk nama unsur kimia radioaktif yang ditemukan tahun 1953 oleh Albert Ghiorso dan kawan-kawan, Fermium; juga untuk sebuah laboratorium penelitian dekat Batavia Illinois, Laboratorium Akselerator Nasional Fermi yang lebih dikenal dengan nama Fermilab.

MENGENAL ENRICO FERMI, (1901-1954) | ok-review | 4.5