MENGENAL DRESTARASTRA

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Review

Atau Dertarastra (dari kata Sansekerta Dhristarashtra), termasuk tokoh penting dalam pewayangan. Walaupun tunanetra, ia tetap menjadi raja Astina, karena Pandu Dewanata, adiknya yang sebelumnya menduduki takhta, meninggal. Pada saat itu anak-anak Pandu Dewanata masih kecil, sehingga Drestarastra duduk di singgasana.
Sebenarnya, Drestarastra menjadi raja hanya sebagai wali keponakannya, sebelum anak-anak Pandu dewasa. Namun atas bujukan Dewi Gendari, istri Drestarastranya, dan desakan 100 anak lelakinya, ia tetap menjadi raja, bahkan kemudian mewariskan takhta kepada anak sulungnya, Duryudana.
Drestarastra adalah anak sulung Abiyasa. Ibunya adalah Dewi Ambika. Karena buta matanya, ia tak dapat hidup mandiri. Bahkan untuk beristri pun, Pandu Dewanatalah yang mencarikannya. Pandu adalah adik tirinya. Adik tirinya yang lain adalah Arya Widura. Pandu mempunyai lima anak laki-laki yang disebut Lima Pandu Bersaudara (Pandawa), sedangkan keseratus putra Drestarastra disebut Kurawa. Antara Kurawa dan Pandawa terjadi persaingan perebutan kekuasaan kerajaan. Terjadilah perang antara kedua pihak saudara sepupu ini seperti yang dikisahkan dalam perang dahsyat Baratayuda di medan Kuruksetra.

MENGENAL DRESTARASTRA | ok-review | 4.5