MENGENAL DIEN BIEN PHU

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Review

Benteng Perancis yang jatuh dalam pertempuran 13 Maret—5 Mei 1954, dalam Perang Indocina/Perang Vietnam I (tahun 1947 hingga 1954) antara Vietminh dan Perancis. Jatuhnya benteng itu memberikan pukulan politik yang berat bagi Perancis, yang pada saat itu sedang menghadapi organisasi kemerdekaan Vietnam dalam Konferensi Perdamaian Jenewa untuk merundingkan penyelesaian sengketa di Indocina.
Terlepas dari konteks politiknya, pertempuran itu penting dalam sejarah militer modern dan menjadi kajian bagi beberapa aspek dan prosedur taktis perang kini, antara lain: (1) mungkinkah sebuah benteng terpencil dipertahankan dengan pasukan dan perkuatan pasukan dan dukungan logistik, yang dilakukan dengan gerakan taktis lintas udara; dan (2) apakah motivator untuk tetap bertahannya pasukan dalam pertempuran terkepung seperti itu.
Setelah pengepungan yang berlangsung 55 hari, dengan jumlah kekuatan Vietminh sekitar 50.000 prajurit dengan penggunaan pasukan Berani Mati menghadapi 16.000 prajurit Perancis, pertahanan Perancis akhirnya runtuh. Sejumlah 2.500 prajurit Perancis dan 8.000 tentara Vietminh tewas. Walaupun pertahanan Perancis akhirnya runtuh, Garnisun Perancis tersebut tidak pernah menyerah.
 

MENGENAL DIEN BIEN PHU | ok-review | 4.5