MENGENAL DESA DINAYA

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Antropologi

Atau Dinoyo, sebuah desa dekat Malang, Jawa Timur. Di desa ini pernah ditemukan sebuah prasasti bertanggal 760 Masehi. Dalam prasasti itu disebutkan bahwa arca Agastya yang terbuat dari kayu cendana diganti dengan arca batu. Raja yang mengeluarkan prasasti ini bernama Gajayana.
Ada teori yang mengatakan bahwa Gajayana adalah keturunan keluarga Sanjaya yang menyingkir ke Jawa Timur, sewaktu Dinasti Syailendra mulai berkuasa. Teori berdasarkan sebuah laporan Dinasti Tang dari Cina itu mengetengahkan bahwa raja yang sekarang tinggal di Jawa, mempunyai nenek moyang yang bernama Kiyen. Kiyen kemudian pindah ke timur, ke Polukiasze yang menurut seorang sarjana Perancis tak lain dari Waruh Gresik. Sementara itu salah seorang Indonesia menafsir Ki-yen sebagai Gajayana. Menurut seorang Perancis lainnya, Ki-yen berarti rakyan, gelar untuk bangsawan di Jawa Tengah.
Menurut teori lain, Raja Gajayana berasal dari Jawa Timur, dari kalangan bangsawan setempat dan bukan pendatang. Prasasti Dinaya ini dihubungkan dengan Candi Badut, dekat kota Malang.

MENGENAL DESA DINAYA | ok-review | 4.5