MENGENAL DATARAN TINGGI DIENG

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Review

Terletak di Pegunungan Dieng, 26 kilometer dari Wonosobo. Tempat ini terletak 2.091 meter di atas permukaan laut. Suhunya dingin, sekitar 17°C. Berbagai objek wisata menarik terdapat di sini, antara lain:
(1) Mata air Bimalukar yang menjadi sumber pertama Sungai Serayu, sungai terbesar di Jawa Tengah. Dekat mata air, terdapat dua telaga yang berimpitan, yaitu Telaga Warna, yang airnya berubah-ubah warna, dan Telaga Penguon, yang airnya jernih bagai pengilon atau cermin. Di antara dua telaga terdapat Gua Semar. Di dekatnya terdapat Candi Bima.
(2) Kawah Sikidang terletak 1 kilometer dari kompleks Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Di dalam kawah itu terdapat air yang selalu mendidih dan berbau belerang.
(3) Kompleks Candi Hindu. Sekitar 2 kilometer dari Kawah Sikidang, terdapat candi-candi kuno, antara lain Candi Arjuna, Gatotkaca, Semar, Puntadewa, Srikandi, dan Candi Sembodro.
(4) Gua Upas dan Gua Jimat. Jaraknya hanya 2 kilometer dari Candi Hindu, namun harus dilalui lewat lereng-lereng yang curam. Kedua gua itu terdapat di puncak bukit. Gas beracunnya dapat membunuh hewan, manusia, dan tumbuhan.
(5) Kawah Candradimuka, 8 kilometer dari Gua Upas dan Jimat. Uap panasnya berbahaya.
(6) Sumur Jalatunda, sebuah kawah seluas 200 meter persegi, berisi air jernih. Namun orang dilarang mandi dan berenang di dalamnya karena berbahaya. Jaraknya 10 kilometer dari Kawah Candradimuka.

MENGENAL DATARAN TINGGI DIENG | ok-review | 4.5