MENGENAL DAERAH CANBERRA

By On Tuesday, October 29th, 2013 Categories : Antropologi

CANBERRA, ibu kota negara Australia, terletak di Negara Bagian New South Wales. Luasnya hampir 2400 kilometer persegi dengan penduduk 245.600 jiwa. Sebagai perbandingan, Sidney, kota terbesar di Australia, berpenduduk 3.332.600 (1987). Kota ini dibangun menurut perencanaan kota ideal berskala besar. Rumah-rumah penduduk berhalaman luas.
Canberra dibangun di atas sebuah dataran yang dikelilingi beberapa bukit. Sungai Molongo mengalir membelah kota itu. Sebuah bendungan di tengah kota menghasilkan danau buatan, yaitu Danau Burley Griffin. Danau ini membagi bagian tengah kota menjadi dua, utara dan selatan. Dua jembatan besar menghubungkan lepi utara dan selatan. Tepi utara merupakan pusat perdagangan. Selain itu, terdapat Universitas Nasional Australia. Di tepi selatan, terletak Gedung Parlemen Australia, kantor-kantor pemerintah, dan Museum Nasional Australia. Pemukiman penduduk terkonsentrasi di utara dan selatan dari pusat kota. Sebagian industri dibangun di tengah kota, namun yang terbanyak terdapat di daerah pinggiran. Beberapa kota satelit baru sedang dibangun di barat laut dan barat daya Canberra, sehingga terbentuklah sebuah kawasan mirip Jabotabek (Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi). Proyek tersebut sudah mulai dikerjakan sejak tahun 1960 dan akan dirampungkan di akhir dasawarsa ini. Tiap kota satelit akan memiliki pusat perdagangannya sendiri dan akan dihubungkan dengan Canberra melalui jalan raya bebas hambatan. Perekonomian kota ini terutama berpusat pada kegiatan pemerintahan nasional. Bidang pemerintahan menyerap dua pertiga angkatan kerja. Kegiatan ekonomi nonpemerintah yang penting mencakup konstruksi bangunan, perdagangan, dan pariwisata. Sarana transportasi umum ialah bus kota. Khusus untuk itu, disiapkan beberapa jalan raya yang tidak boleh dilewati jenis kendaraan lain. Sebuah stasiun kereta api melayani transportasi massa, sedangkan transportasi cepat ditangani bandar udara Canberra. Sejarah. Aborigin, penghuni asli Australia, mendiami Canberra semenjak 4000 tahun lampau. Tahun 1820, sekelompok penjelajah Inggris tiba di tempat ini. Mereka segera membangun kawasan peternakan dan areal pertanian. Namun hingga tahun 1901, ketika Persekemakmuran Australia dibentuk, Canberra masih merupakan sebuah desa yang sepi. Tetapi pada tahun 1908, pemerintah memilih daerah ini sebagai tempat ibu kota negara. Tahun 1912, sebuah rancangan pembangunan tata kota oleh arsitek Chicago, Walter Burley Griffin, disetujui untuk dilaksanakan.
Pembangun fisik mulai dilaksanakan tahun 1913 dan pada tahun 1927, Parlemen Australia sudah bisa bersidang di ibu kota untuk pertama kalinya. Demi kelancaran administrasi pemerintahan, sebagian besar pegawai negeri diambil dari Melbourne. Pertumbuhan ekonomi Canberra melaju pesat pada awal berdirinya namun melambat ketika terjadi Depresi Besar awal tahun 1930-an dan Perang Dunia II. Laju pertumbuhan ekonomi baru membaik kembali pada tahun 1950-an. Dan sejak itu, penduduknya dengan cepat membengkak dari 40.000 menjadi lebih dari enam kali lipat.

MENGENAL DAERAH CANBERRA | ok-review | 4.5