MENGENAL CHRISTIAN JOHANN DOPPLER, (1803-1853)

By On Tuesday, February 25th, 2014 Categories : Review

Ahli matematika dan fisika Austria yang pertama-tama melihat adanya perubahan frekuensi yang nyata dalam gelombang bunyi, cahaya, atau radio sebagai akibat adanya gerakan. Perubahan frekuensi tersebut kemudian dikenal sebagai efek Doppler.
Penjelasannya mengenai efek Doppler pertama muncul dalam tulisannya Ueber das Farbige Licht der Doppelsterne (Mengenai Cahaya Berwarna Bintang Ganda) yang terbit 1842. Ia mengemukakan, antara lain, bahwa sama dengan suara yang bila didekati bernada semakin tinggi (pertambahan frekuensi) dan bernada semakin rendah sampai akhirnya menghilang bila dijauhi (pengurangan frekuensi), demikian pula halnya cahaya bintang yang dilihat dari bumi. Cahaya bintang akan bergeser ke arah spektrum merah (frekuensi rendah atau gelombang panjang) jika bumi dan bintang saling menjauh, dan ke spektrum lembayung (frekuensi tinggi atau gelombang pendek) jika keduanya saling mendekat. (Lihat DOPPLER, EFEK.)
Doppler lahir di Salzburg dan belajar di Institut Politeknik Wina. Ia memulai kariernya dengan menjabat sebagai asisten dosen matematika di institut ini; sebagai profesor matematika dan fisika di Realschule, Praha; lalu mengajar di Sekolah Pertambangan, Chemnitz. Terakhir ia menjadi Direktur Institut Ilmu Fisika dan Profesor Fisika Eksperimental di Universitas Wina tahun 1850.

MENGENAL CHRISTIAN JOHANN DOPPLER, (1803-1853) | ok-review | 4.5