MENGENAL BARTHOLOMEU DIAS, (1450-1500)

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Review

Nakhoda kapal dan penjelajah Portugal yang menemukan rute ke Timur Jauh melalui ujung Afrika Selatan. Penemuannya ini memberi sumbangan besar bagi kelancaran arus dagang Timur-Barat di abad ke-15.
Tahun 1487 Raja John II dari Portugal memerintahkan Dias berlayar sampai ujung selatan Afrika, untuk mengetahui apakah Asia dapat dicapai dengan berlayar mengitari Benua Afrika. Dias membawa tiga kapal. Sewaktu mereka sampai di mulut Sungai Orange di Afrika bagian selatan, badai dahsyat menghantam kapal dan menghempaskannya kembali ke laut terbuka. Selama 13 hari Dias dan anak buahnya tidak melihat daratan.
Setelah badai berlalu, tanpa diketahui mereka sudah berada di perairan Afrika Selatan bagian tenggara. Dias bermaksud meneruskan pelayaran ke arah utara menelusuri pantai, dengan harapan akan sampai di India dengan sendirinya. Tetapi mereka kehabisan bekal. Sewaktu membalikkan arah untuk berlayar kembali ke Portugal, melewati ujung selatan Afrika, dari jauh Dias melihat sebuah tanjung menjulur ke laut. Ia menamakan tanjung itu Tanjung Badai. Oleh Raja Portugal namanya diganti menjadi Tanjung Harapan, karena memberi harapan bahwa  tidak lama lagi India akan ditemukan.
Tahun 1500 Dias ikut serta dalam ekspedisi Pedro Alvares Cabral yang bermaksud pergi ke India, tetapi mereka dibawa angin sampai bagian Benua Amerika Selatan yang kemudian dinamakan Brasilia. Dalam perlayaran ini Dias, yang memimpin empat kapal dari 13 kapal ekspedisi itu, tewas. Kapal yang ditumpangi ditenggelamkan badai dahsyat bersama awaknya.

MENGENAL BARTHOLOMEU DIAS, (1450-1500) | ok-review | 4.5