MENGENAL ANJING JENIS DINGO

By On Friday, February 21st, 2014 Categories : Review

Suatu jenis anjing liar di hutan-hutan Australia. Penampilannya tidak berbeda dengan anjing biasa. Bulunya hitam, cokelat tua, dan beraneka warna.
Seperti halnya anjing serigala, dingo menandai batas-batas wilayahnya dengan air kencing dan kotorannya. Dahulu dingo merupakan pemangsa utama kanguru di Australia. Tetapi setelah populasi kanguru mulai jarang, hewan ini menyerang terjiak sehingga dianggap sebagai binatang hama. Akibatnya, dingo diberantas. Malahan pemerintah setempat menyediakan dana berupa hadiah bagi yang berhasil membunuh dingo. Hal ini menyebabkan populasi dingo menurun secara drastis. Kini yang masih ada tinggal beberapa ratus ribu ekor saja. Karena dingo memangsa kelinci, keadaan di atas menyebabkan populasi kelinci yang dimasukkan dari Eropa membengkak pesat di Australia. Kini, untuk mengatasi kemerosotan po¬pulasinya, dingo dilindungi undang-undang di Australia.
Berbeda dengan anjing, dingo beranak sedikit, yaitu 4—5 ekor setiap kelahiran sesudah masa bunting sembilan minggu. Anak disusui selama dua bulan. Ditaksir usia dingo dapat mencapai 14 tahun, 10 bulan.
Klasifikasi Ilmiah. Dingo termasuk marga Canis, jenis Canis lupus, anak-jenis Canis lupus dingo.

MENGENAL ANJING JENIS DINGO | ok-review | 4.5