MENGENAL ANATOLE FRANCE (1844-1924)

By On Tuesday, March 18th, 2014 Categories : Review

Nama samaran dari Jacques-Anatole-Francois Thibault, seorang sa­strawan besar Perancis dalam jamannya. Ia meneri­ma Hadiah Nobel Kesusastraan pada tahun 1921 dan ditunjuk sebagai anggota Academie Francaise. Karya- karyanya dinilai lemah dalam hal plot dan imajinasi, namun unggul dalam hal keluasan pengetahuan, ke- jenakaan dan ejekan, serta keprihatinan atas keadil­an sosial
Anatole France dilahirkan di Paris sebagai anak penjual buku. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya membaca buku. Beberapa karya awalnya ber­cirikan skeptisisme, antara lain Le Crime de Sy/vestre Bonnard (1881) tentang kecintaan seorang pencinta buku atas buku-bukunya; La Rolisserie de la Reine Pedauque (1893) yang secara halus mencemooh ke­percayaan akan ilmu gaib; dan Les Opinions de Je­rome Coignard (1893) tentang kritik atas lembaga negara.
Menjelang akhir hayatnya, Anatole France sema­kin menaruh simpati pada komunisme. Simpatinya ini terlihat dalam karyanya, Les Dieux On t Soif (1912) dan L ‘lie des Pingouins (1908) memperlihatkan ke­raguannya akan datangnya situasi sosial berdasarkan persaudaraan.

MENGENAL ANATOLE FRANCE (1844-1924) | ok-review | 4.5