MEMBANTU ADAPTASI: KONTEKS FASILITATIF DAN DUKUNGAN LINGKUNGAN

By On Wednesday, February 5th, 2014 Categories : Psikologi

Menurut Lev Vygotsky, seorang psikolog Rusia, mediasi diperlukan untuk membantu individu menjadi adaptif dan kreatif. Vygotsky, bekerja lebih dari 60 tahun yang lalu, mengemukakan bahwa individu peduli diperlukan untuk membantu pelajar muda menafsirkan pengetahuan baru. The” zona pembangunan proksimal” adalah ruang konseptual di mana intervensi tersebut yang paling efektif. Zona ini adalah perbedaan antara usia mental sebenarnya anak dan masalah-masalah dia atau dia dapat memecahkan dengan bantuan. Vygotsky menemukan bahwa instruksi memimpin pengembangan dan membantu dalam pematangan struktur pengetahuan. Oleh karena itu, orang dewasa memainkan peran penting dalam menengahi proses pembelajaran dengan memberikan petunjuk, bimbingan, dan koreksi. Melalui interaksi dengan mediator, anak menginternalisasi proses pemecahan masalah, sehingga menjadi lebih baik disesuaikan dengan menangani masalah-masalah di lingkungan. Idealnya, sebagai seorang anak menjadi lebih mampu untuk menggeneralisasi dan mentransfer apa yang dipelajari, dewasa menjadi kurang dari panduan dan lebih merupakan pemberi semangat.
Psikolog Reuven Feuerstein juga berpendapat bahwa mediasi memainkan peran penting dalam adaptasi. Feuerstein percaya bahwa kecerdasan adalah dinamis dan dimodifikasi, tidak statis. Dalam upaya untuk membantu tentara Israel menemukan cara untuk meningkatkan kecerdasan” pemain terbelakang,” ia mengemukakan bahwa intervensi langsung dalam perkembangan kognitif individu melalui mediasi oleh orang dewasa mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi pembangunan yang. Dia juga menyarankan bahwa kurangnya mediasi dapat menghasilkan kinerja terbelakang. Orang yang cerdas dapat secara efektif mengumpulkan informasi yang diperlukan dan menggunakan informasi tersebut untuk memecahkan masalah, atau untuk menghasilkan informasi baru. Melalui manfaat mediasi, individu menjadi lebih terbuka untuk pengalaman dan lebih mudah beradaptasi dengan situasi baru.
Kedua Vygotsky dan Feuerstein berfokus pada peran dari orang dewasa dalam menafsirkan baik dalam dan dunia luar bagi anak untuk membantu dalam proses adaptif. Misalnya, ketika orangtua mengatakan pada anaknya 3 tahun,” Anda benar-benar marah karena Sammy mengambil ember Anda. Bisakah Anda memikirkan cara lain untuk mendapatkan kembali, bukannya memukul dia dengan sekop?” Deskripsi perasaan dan pengalaman anak membantu dia beradaptasi dengan baik situasi spesifik dan situasi serupa lainnya. Mediasi awal tersebut muncul untuk mempromosikan adaptasi sukses untuk dunia, dan bahkan dapat mempromosikan pengembangan kreatif.
Mediasi yang disediakan oleh peduli orang lain juga dapat mendukung pekerjaan orang-orang kreatif yang matang. Studi Gruber individu yang sangat kreatif menunjukkan bahwa dukungan sosial sangat penting bagi perkembangan penuh ide-ide kreatif. Sebagai contoh, dalam studinya tentang Charles Darwin, Gruber menemukan bahwa kekhawatiran Darwin soal bertentangan dengan nilai-nilai sosial pada masanya, serta keinginannya untuk dukungan sosial, menghambat penyelesaian Pengembangan Species selama 20 tahun. Hal ini dapat diartikan sebagai keinginan untuk mediasi – kebutuhan untuk mendiskusikan dan berbagi dengan seperti hati orang lain, atau dengan mereka yang lebih luas yang dapat memfasilitasi pemikiran. Ini mungkin bahwa mediasi awal kehidupan mempersiapkan individu untuk adaptasi terhadap lingkungan sementara memungkinkan individu kebebasan internal untuk memodifikasi lingkungan itu.

MEMBANTU ADAPTASI: KONTEKS FASILITATIF DAN DUKUNGAN LINGKUNGAN | ok-review | 4.5