KURVA PENDAPATAN KONSUMSI DAN TERJADINYA PAJAK

By On Tuesday, December 17th, 2013 Categories : Ekonomi

INCIDENCE OF TAXATION / TERJADINYA PAJAK adalah pihak terakhir yang memikul (yaitu, pembayar) PAJAK (TAX). Sebagai contoh, dalam hal PAJAK PENDAPATAN (INCOME TAX) perorangan, maka pembayar pajak peroranganlah yang memikul pajak. Dalam kasus lain, hutang yang jatuh tempo harus diambil dari pemindahan atau penggeseran pajak. Sebagai contoh, petugas pajak membebani PAJAK ATAS DASAR GAJI (PAYROLL TAX) dari suatu perusahaan yang memberlakukan pajak sebagai suatu kenaikan dalam biaya input mereka dan menetapkan harga dengan jumlah yang sama dengan biaya inputnya. Kemudian misalkan tidak ada penurunan dalam penjualan, maka pembeli dari produk perusahaan tersebut yang memikul penuh pajak, bukan perusahaan itu sendiri.
Tejadinya PAJAK TIDAK LANGSUNG (INDIRECT TAX) (seperti PAJAK BEA (EXCISE DUTY) atau PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ( VALUE ADDED TAX) ) biasanya tergantung pada elastisitas permintaan terhadap harga dan elastis penawaran terhadap harga dari produk yang dikenai pajak, di mana produsen memikul hampir semua beban pajak apabila permintaan elastis, dan pembeli memikul hampir semua beban pajak apabila permintaan tidak elastis.
TENAGA KERJA (LABOUR), dan MODAL (CAPITAL)) masing-masing dalam bentuk sewa, upah, dan bunga/laba, secara berurutan. Dalam analisis ekonomi makro istilah PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME) dipakai berkenaan dengan pendapatan agregat suatu negara dari sewa, upah, bunga dan pembayaran, tidak termasuk PEMBAYARAN TRANSFER (TRANSFER PAYMENTS) (tunjangan pengangguran, uang pensiun, dan lain sebagainya). Lebih umum lagi, dari pandangan seseorang yang berkepentingan, setiap uang yang diterima dihitung sebagai pendapatan (apakah uang tersebut berasal dari penyediaan faktor produksi, atau dalam bentuk uang pensiun, tunjangan pengangguran atau pembayaran jasa-jasa sosial lainnya) . Setiap PENDAPATAN AKHIR (FINAL INCOME) adalah suatu penentu penting dari kemampuan pengeluaran seseorang dalam TEORI PERMINTAAN (THEORY OF DEMAND) .
Lihat CIRCULAR FLOW OF NATIONAL INCOME MODEL, DISPOSABLE INCOME, FUNCTIONAL DISTRIBUTION OF INCOME, PERSONAL DISTRIBUTION OF INCOME.
INCOME-CONSUMPTION CURVE / KURVA PENDAPATAN KONSUMSI adalah suatu garis yang menggambarkan hubungan antara PENDAPATAN (INCOME) konsumen dengan kuantitas suatu permintaan produk (Lihat DEMAND) dalam suatu grafik. Kemiringan dari kurva pendapatan-konsumsi menunjukkan ELASTISITAS PERMINTAAN TERHADAP PENDAPATAN (INCOME-ELASTICITY OF DEMAND) , kurva yang kemiringannya curam menunjukkan permintaan yang tidak elastis dengan perubahan yang kecil dalam kuantitas permintaan sebagai akibat dari perubahan pendapatan yang besar, dan sebaliknya.

KURVA PENDAPATAN KONSUMSI DAN TERJADINYA PAJAK | ok-review | 4.5