KREATIVITAS SEBAGAI SIFAT KEPRIBADIAN INVESTIGASI

By On Thursday, February 6th, 2014 Categories : Psikologi

Sementara semua manusia memiliki kapasitas untuk menjadi kreatif untuk satu derajat atau lain , studi tentang kreativitas sebagai sifat kepribadian baru dimulai pada tahun 1930 dengan perkembangan seiring macrotheories kepribadian dalam disiplin akademis psikologi . Penelitian ilmiah kepribadian sehingga menjadi kerangka kerja yang studi ilmiah tentang kreativitas dapat dijalankan . Salah satu contoh utama dari teori macropersonality tersebut adalah personology dari Henry A. Murray di Universitas Harvard . Murray MD dan seorang ahli biokimia dengan pelatihan yang menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai profesor psikologi menjalankan Psychological Clinic Harvard , sebuah fasilitas penelitian yang didirikan di sekolah seni dan ilmu pengetahuan untuk mempelajari kepribadian . Di antara fakta-fakta penting lainnya , ia adalah BF Skinner pertama profesor psikologi pada tahun 1929 dan dia memberi Erik Erikson pekerjaan pertamanya pada tahun 1933 .
Mendasarkan konsepsinya tentang orang pada model biologis, melainkan orang-berpusat , Murray dipinjam dari percobaan di bidang kimia fisik dia telah dilakukan dengan LJ Henderson di awal 1920-an memverifikasi persamaan Hasselbach – Henderson , di mana Murray mampu mengukur 17 variabel yang berbeda dalam sampel darah pada satu waktu ( kerja yang kemudian menyebabkan perkembangan dari plasma darah ) . Dari model yang physiochemical ini , Murray mengembangkan teorinya tentang personology , studi multivariat kepribadian pada berbagai tingkat analisis . Ini berarti bahwa individu adalah untuk dipelajari pada berbagai tingkat kompleksitas dan hasil penelitian ini dievaluasi oleh tim peneliti yang memiliki jenis yang sangat berbeda keahlian . Hanya dengan cara ini , Murray percaya , bisa kita sampai pada gambaran yang akurat yang mencerminkan kompleksitas seluruh orang.
Karya Murray diringkas dalam Explorations in Personality , yang muncul pada tahun 1938 , ditulis oleh 15 orang . Ini adalah studi kasus beberapa empat lusin Harvard mahasiswa yang memiliki lebih dari periode 10 tahun menjadi subyek yang paling benar-benar teruji di seluruh sejarah psikologi ilmiah sampai saat itu .
Salah satu ciri-ciri kunci mereka mengukur adalah kemampuan kreatif . Kreativitas dianggap sebagai ciri umum kepribadian di mana seseorang menunjukkan kemampuan nyata untuk memproduksi dan mengembangkan ide-ide original , merancang metode baru , membangun hipotesis , menawarkan penjelasan baru , dan menyusun karya bernilai seni . Sebagai sebuah konstruksi psikologis , diperkenalkan tidak untuk menggambarkan tanggapan yang stereotip , kaku , atau dangkal , melainkan orang-orang yang baru , sensasional , tidak bertanggung jawab , tidak konsisten , berubah-ubah , atau ganjil . Aplikasi wawasan dengan kondisi baru itu disebut kreativitas perilaku . Namun istilah umum ” kreativitas ” itu terutama digunakan untuk menutupi orisinalitas dalam menangani kata-kata dan ide-ide yang berkaitan dengan pemikiran artistik dan ilmiah .
Berbagai tes kreativitas yang dibuat. Teknik yang paling sering digunakan untuk menilai variabel kreativitas adalah bahwa validasi konsensual . Di sini , respon subjek untuk , katakanlah, tugas menceritakan cerita pendek , diserahkan ke baterai penilai yang masing-masing telah diberikan kriteria umum yang sama untuk mendefinisikan suatu sifat tertentu dan diminta untuk menilai subjek sepanjang kontinum . Skor subjek kemudian akan menjadi rata-rata tanggapan penilai ‘ . [ Lihat PENILAIAN konsensual . ] Sementara sumber kami yang paling tersedia informasi tentang mata pelajaran ini telah datang dari buku yang diterbitkan oleh Murray dan rekan-rekannya , subyek ‘ tanggapan terhadap semua tindakan tersebut masih tersedia dalam bentuk apa yang disebut ” data hidup ‘ ‘; yaitu , semua data yang dikumpulkan pada kreativitas masih tersedia untuk analisis ulang dan evaluasi oleh para peneliti yang tertarik . Catatan kebijakan yang diambil pada mata pelajaran Murray disimpan di Henry A. Murray Pusat Studi Kehidupan di Radcliffe College Cambridge , Massachusetts , dan tersedia untuk pemeriksaan oleh individu berkualitas .
Murray sendiri menulis secara ekstensif pada kreativitas sebagai dimensi normal dari perkembangan kepribadian . Selain artikel yang diterbitkan pada subjek , korespondensi , catatan , dan kuliah dapat ditemukan di koran Henry A. Murray , saat ini di deposito dalam koleksi fakultas permanen di Pusey Perpustakaan , arsip umum Harvard University. Korelasi koleksi ini merupakan definisi arsip penting kreativitas sebagai ciri kepribadian , terutama dalam sejarah psikologi .

KREATIVITAS SEBAGAI SIFAT KEPRIBADIAN INVESTIGASI | ok-review | 4.5