KEGUNAAN TOTAL DAN PENGHASILAN TOTAL

By On Friday, January 24th, 2014 Categories : Ekonomi

TOTAL REVENUE / PENGHASILAN TOTAL adalah penghasilan agregat yang diperoleh oleh total output sebuah PERUSAHAAN (FIRM) dari penjualan kuantitas output tertentu, yang nilainya sama dengan harga dikalikan dengan kuantitas. Di bawah keadaan PERSAINGAN SEMPURNA (PERFECT COMPETITION) , perusahaan menghadapi sebuah KURVA PERMINTAAN (DEMAND CURVE) yang horizontal pada harga pasar yang berlaku. Setiap unit output tambahan yang terjual PENDAPATAN MARJINAL (MARGINAL REVENUE) menambah jumlah yang persis sama pada penghasilan total seperti unit-unit sebelumnya. Oleh karena itu, pendapatan total digambarkan dengan sebuah garis lurus dengan kemiringan yang bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Di bawah keadaan persaingan tidak sempurna (contoh, PERSAINGAN MONOPOLISTS (MONOPOLISTIC COMPETITION) , perusahaan menghadapi kurva permintaan dengan kemiringan yang bergerak dari kiri atas ke kanan bawah, dan harga harus diturunkan agar dapat menjual unit yang lebih banyak. Pada saat harga diturunkan, setiap unit tambahan output yang terjual (pendapatan marginal) menambah secara berturut-turut jumlah yang lebih kecil pada penghasilan total dibandingkan dengan unit-unit yang sebelumnya. Oleh karena itu, pendapatan total akan meningkat tetapi dengan tingkat yang semakin menurun, dan pada suatu saat pendapatan total akan menurun.
Pendapatan total dan BIAYA TOTAL (TOTAL COST) saling mempengaruhi satu sama lain dalam menentukan tingkat output di mana perusahaan mencapai tujuannya, yaitu MAKSIMALISASI LABA (PROFIT MAXIMIZATION).
TOTAL UTILITY / KEGUNAAN TOTAL adalah kepuasan total (KEGUNAAN (UTILITY)) seorang individu yang diperoleh dari KONSUMSI (CONSUMPTION) sejumlah produk dalam suatu periode waktu tertentu. Kegunaan total seorang individu biasanya meningkat pada saat dia mengkonsumsi suatu produk dalam jumlah yang semakin meningkat, akan tetapi umumnya pada suatu tingkat yang lebih lambat, dengan demikian setiap unit tambahan yang dikonsumsi menambahkan KEGUNAAN MARGINAL (UTILITY MARGINAL) yang lebih kecil dibandingkan dengan unit sebelumnya sejalan dengan kejenuhan individu yang bersangkutan dengan produk tersebut.
Lihat UTILITY FUNCTION, CARDINAL UTILITY, ORDINAL UTILITY, DIMINISHING MARGINAL UTILITY.

KEGUNAAN TOTAL DAN PENGHASILAN TOTAL | ok-review | 4.5