KEBIJAKAN PERSAINGAN MASYARAKAT EROPA

By On Saturday, December 7th, 2013 Categories : Ekonomi

COMPETITION POLICY (EUROPEAN COMMUNITY) / KEBIJAKAN PERSAINGAN MASYARAKAT EROPA adalah pelaksanaan di bawah UDANG-UNDANG PERSAINGAN (COMPETITION LAWS) Masyarakat Eropa. Meliputi tiga bidang utama:
(a) KARTEL (CARTELS) . Artikel 85 ayat (1) dan (2) Peijanjian Roma (Treaty of Rome) melarang kartel dan praktek yang diselenggarakan dengan persetujuan bersama (persekongkolan yang formal atau informal) antar perusahaan dalam menetapkan harga, pembatasan produksi, pengembangan teknologi dan investasi dan pembagian pasar yang mengakibatkan pembatasan persaingan dan perdagangan antara Masyarakat Eropa. Perjanjian-perjanjian tertentu (sebagai contoh, kerjasama teknik untuk penelitian dan spesialisasi produksi) dapat dikecualikan dari Artikel 85 (1) dan (2), yang menyatakan tidak melarang kompetisi dan perdagangan antar negara.
(b) PERUSAHAAN MONOPOLI/DOMINAN (MONOPOLIES/DOMINANTFIRMS) Peijanjian Roma melarang penyalahgunaan posisi yang dominan dalam memasok barang tertentu jika hal ini membatasi persaingan dan perdagangan dengan negara-negara Masyarakat Eropa. Pengertian “penyalahgunaan” hampir sama dengan kriteria yang dilaksanakan di Inggris, seperti tindakan yang tidak jujur atau tidak beralasan terhadap langganan (misalnya, DISKRIMINASI HARGA (PRICE DISCRJMINATION) antara negara-negara ME), yang dilakukan oleh pedagang perantara (misalnya, MENOLAK UNTUK MEMASOK/ REFUSAL TO SUPPLY) dan pemasok lainnya (pemotongan harga selektif untuk menghilangkan persaingan). Perusahaan yang bersalah atas pendirian kartel yang tidak legal dan penyalahgunan posisi yang dominan dapat dikenakan denda sampai sebesar 10% dari penjualan tahunan oleh Komisi Eropa.
(c) PENGGABUNGAN/PENGAMBILALIHAN (MERGERS/TAKEOVERS). Komisi dapat melakukan penyelidikan terhadap perusahaan-perusahaan yang melakukan penggabungan dengan total penjualan untuk seluruh dunia melebihi ECU 5 milyar (£ 3.7 milyar) dan total penjualan secara keseluruhan untuk Masyarakat Eropa di atas ECU 250 juta. Sekali lagi, tujuan utama adalah? untuk mencegah penggabungan yang mengakibatkan persaingan dan perdagangan yang merugikan bagi Masyarakat Eropa.

KEBIJAKAN PERSAINGAN MASYARAKAT EROPA | ok-review | 4.5