KEBIJAKAN PERSAINGAN INGGRIS

By On Saturday, December 7th, 2013 Categories : Ekonomi

COMPETITION POLICY (UK) / KEBIJAKAN PERSAINGAN INGGRIS adalah pelaksanaan undang-undang persaingan Inggris meliputi enam bidang utama:
(a) MONOPOLI (MONOPOLIES). Posisi monopoli diartikan sebagai keadaan di mana satu perusahaan memasok paling tidak seperempat dari barang atau jasa tertentu (MONOPOLI PERUSAHAAN DOMINAN/DOMINANT FIRM MONOPOLY) atau di mana dua atau lebih perusahaan, memasok secara kolektif paling tidak seperempat dari barang dan jasa tertentu, kebijakan dilakukan untuk membatasi persaingan antara mereka (monopoli kompleks/COMPLEX MONOPOLY)). THE OFFICE OF FAIR TRADING (OFT) bertanggung jawab untuk memberitahukan barang atau jasa yang dimonopoli (baik sektor swasta maupun sektor publik) kepada MONOPOLI AND MERGER COMMISSION (MMC) untuk diperiksa dan dilaporkan serta menjalankan (apabila perlu) rekomendasi MMC. Posisi monopoli dievaluasi oleh MMC dalam hal apakah mereka (tidak) beroperasi untuk kepentingan umum.
(b) PENGGABUNGAN DAN PENGAMBILALIHAN (MERGERS AND TAKEOVERS). Penggabungan dan pengambilalihan berada dalam cakupan undang-undang jika mereka menciptakan atau memperkuat posisi monopoli (diartikan dengan peraturan seperempat pangsa pasar) atau apabila nilai aktiva yang diambilalih lebih dari £ 30 juta. OFT bersama-sama dengan Secretary of state for Industry, bertanggung jawab untuk menentukan dan memberitahukan kepada MMC, memeriksa dan melaporkan serta menjalankan (apabila perlu) setiap pelanggaran berdasarkan rekomendasi MMC. Sekali lagi kriteria kepentingan umum digunakan untuk menilai apakah penggabungan tertentu atau pengambilalihan tertentu dapat disetujui untuk dilanjutkan atau tidak.
(c) PERJANJIAN PERDAGANGAN TERBATAS (RESTRICTIVE TRADE AGREEMENT). Kelompok-kelompok yang mengadakan perjanjian perdagangan terbatas diwajibkan untuk mendaftarkan perjanjian tersebut ke OFT. Kewajiban ini berlaku untuk: (i) semua perjanjian barang dan jasa yang mempunyai batasan (peraturan anti persaingan) yang berkaitan dengan pengenaan harga, waktu dan kondisi, mutu dan deskripsi, proses produksi, daerah dan masyarakat yang dipasok; (ii) PERJANJIAN PEMBERIAN INFORMASI (INFORMA¬TION AGREEMENTS) (hanya untuk barang) yang berkaitan dengan harga dan waktu serta kondisi. OFT bertanggung jawab menunjukkan perjanjian-perjanjian yang ada untuk dibawa ke Restrictive Practices Court (RPC) untuk diselidiki dan dilaporkan serta diimplementasikan berdasarkan rekomendasi RPC. Operasi perjanjian terbatas yang dicurigai bertentangan dengan kepentingan umum dilarang, kecuali kelompok yang dapat menyakinkan pengadilan (RPC) bahwa perjanjian tersebut memberikan manfaat dari segi ekonomi.
(d) MEMPERTAHANKAN HARGA JUAL KEMBALI (RESALE PRICE MAINTENANCE). Ketentuan pengusaha industri mengenai harga jual kembali produk mereka secara umum dilarang di Inggris, walaupun dalam undang-undang harga penjualan kembali dibolehkan bagi pengusaha industri untuk mendapat pengecualian dengan menyakinkan RPC bahwa mempertahankan harga jual kembali menghasilkan manfaat ekonomi. OFT bertanggung jawab dalam memonitor kebijakan harga industri pada tingkat pengecer dan dapat mengambil tindakan apabila industri dicurigai mempertahankan harga jual kembali secara tidak sah. Namun demikian, pengusaha industri pun dapat mengambil tindakan terhadap pedagang pengecer yang menggunakan produk mereka sebagai penyebab kerugian.
(e) PRAKTEK ANTI PERSAINGAN (ANTICOMPETITIVE PRACTICES) . Berbagai praktek- praktek dagang seperti TRANSAKSI EKSKLUSIF (EXLUSIVE DEALING) , MENOLAK UNTUK MENJUAL (REFUSAL TO SUPPLY), dan sebagainya, dapat diselidiki oleh OFT dan apabila perlu oleh MMC, dan dapat dilarang apabila perusahaan- perusahaan melakukan pembatasan persaingan yang tidak wajar.
(f) PERLINDUNGAN KONSUMEN (CONSUMER PROTECTION). OFT ditugaskan melindungi kepentingan konsumen secara umum, baik dengan cara mengambil tindakan terhadap praktek dagang yang tidak benar seperti penjelasan palsu mengenai berat barang, ukuran, menolak memberi garansi untuk barang yang rusak dan lain sebagainya. Juga menganjurkan kepada penjual/pemasok untuk melakukan secara sukarela praktek dagang yang baik.

KEBIJAKAN PERSAINGAN INGGRIS | ok-review | 4.5