KEADAAN ALAM INDIA

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Antropologi

KEADAAN ALAM INDIA – India mempunyai tiga jenis topo­grafi yang utama, yakni Pegunungan Himalaya yang membentang sepanjang garis perbatasan bagian utara. Pegunungan Himalaya merupakan rangkaian pe­gunungan yang terbesar di dunia dengan bentangan sepanjang 2.400 kilometer. Pegunungan itu mem­punyai 146 puncak; 40 di antaranya berketinggian le­bih dari 7.600 meter. Puncak tertinggi adalah Gunung Godwin Austen (8.611 meter) yang terletak di wila­yah Kashmir. Pegunungan ini juga merupakan hulu Sungai Indus, Ganga dan Darmaputra.
Bulan Juli sampai September adalah musim peng­hujan. Musim penghujan merupakan kunci pereko­nomian negara itu. Jika hujan terlambat turun, ba­nyak panen yang gagal. Daerah timur laut dan negara bagian Assam menerima banyak curah hujan. Negara bagian ini juga merupakan daerah dengan curah hujan tertinggi di dunia, yakni 11.000 milimeter (11 meter).
Beberapa sungai utama yang mengalir di India adalah Sungai Indus, Ganga, Brahmaputra, Jumna, Godawari, Cauvery, Krishna, Narbada, Tapti, Bhagirathi dan Mahanadi. Lembah Ganga bagian utara merupakan daerah subur dan berpenduduk padat; daerah semenanjung, termasuk gajah dan ba­dak. Delta Sungai Ganga merupakan habitat untuk harimau Benggala. Dalam hutan India banyak ter­dapat harimau kumbang, babi hutan, rusa dan ber­bagai jenis burung langka seperti burung kakaktua, kuko, dan burung merak. Banyak penduduk yang me­latih burung elang untuk mencari burung buruan. Di India burung elang gunung dianggap sebagai binatang suci, karema burung itu dianggap sebagai kendaraan dewa Wisnu. Di India juga terdapat banyak binatang reptil seperti ular kobra dan ular python.
Sebagaimana di Thailand, di India gajah diguna­kan untuk kendaraan kerajaan dan penarik beban pa­da perusahaan kayu. Maharaja dan pangeran India dulu menunggang gajah bila memeriksa barisan ke­hormatan atau tampil dalam upacara lain. Di banyak kota unta juga digunakan sebagai alat angkut.
Penduduk yang beragama hindu tak memakan da­ging sapi, karena binatang itu dianggap suci. Sapi se­ring dihubungkan dengan dewa Krishna, yang diang­gap dewa pelindung ternak sapi. Sapi juga dianggap lambang kesucian seluruh kehidupan. Sungai-sungai di India dianggap suci. Sungai ini sangat dihormati oleh penduduknya yang sebagian be­sar beragama Hindu. Sungai yang dianggap paling suci adalah Sungai Ganga. Aliran sungai itu selain diguna­kan sebagai sarana transportasi juga untuk irigasi. Kota Banares, yang dianggap kota suci, merupakan tempat bersuci diri dengan menggunakan air Sungai Ganga. Pada saat-saat tertentu jutaan orang turun ke sungai ini untuk mandi dan berdoa. Banyak mayat yang belum sempurna pembakarannya di tepi sungai juga dibuang ke sungai itu, sehingga menimbulkan pencemaran yang membahayakan. Sungai Ganga sering dihubungkan dengan Dewa Siwa. Menurut kepercayaan orang Hindu, Siwa membawa Sungai Ganga dari langit. Di sepanjang Sungai Ganga banyak candi-candi yang terkenal. Sungai Jumna sering di­hubungkan dengan Dewa Krishna, dewa yang konon semasa kecil tinggal di dekat Sungai Jumna.

KEADAAN ALAM INDIA | ok-review | 4.5