KANDUNGAN ASAP ROKOK

By On Monday, November 11th, 2013 Categories : Kesehatan

Asap rokok merupakan campuran komplek toksik yang terdiri dari radikal bebas, aldehid dan bahan- bahan lain yang bersifat karsinogenik seperti nitrosamine. Menurut Vliet & Cross (2000) dan Halliwell & Gutteridge (2005), asap rokok dapat dibagi dalam dua golongan besar yaitu:
a. Komponen gas (Gas phase) mengandung kurang lebih 101 radikal perhembusan terutama tipe alkyl dan peroksil yang merupakan bagian yang dapat melewati fiber glass seperti FFG Cambridge, antara lain CO (karbon Monoksida), C02, oksida nitrogen, ammonia, gas nitrosamine, hyarogen sianida. Aldehid dan formaldehid dapat menyebabkan deplesi GSH dan memodifikasi kelompok protein -SH dan -NH2-.
b. Komponen padat (Particulate phase) adalah bagian yang tertinggal dalam filter dan merupakan radikal yang stabil seperti semiquinon, nikotin, tar, logam seperti nikel, besi, cadmium dan juga benzipiren dan dibensokarbasol. Rokok yang dihisap menghasilkan asap yang dipisahkan dengan penggunaan filter ke dalam bentuk gas dan partikel yang keduanya mengandung radikal bebas. Tar merupakan zat berwarna coklat dan bila asap rokok dihembuskan melalui kain putih maka akan terlihat warna coklat kekuningan akibat endapan tar. Tar juga sering dinamai getah tembakau. Tar dalam asap rokok mengandung 1017 bahan radikal /gram rokok yang stabil dan tahan selama beberapa jam. Tar juga mengandung lebih dari 4000 bahan kimia aromatic. (Halliwell & Gutterridge,2005). Fase gas mengandung 1015 radikal NO dan N02 dengan konsentrasi tinggi (sekitar 300-400 ppm) sedang menurut Vliet (2000) sekitar 500-1000 ppm perhembusan asap. Nitrat yang ditambahkan ke dalam rokok untuk meningkatkan pembakaran pada rokok merupakan sumber nitrogen radikal.

KANDUNGAN ASAP ROKOK | ok-review | 4.5