HAMBATAN-HAMBATAN UNTUK MASUK PASAR (MARKET)

By On Friday, November 29th, 2013 Categories : Ekonomi

BARRIERS TO ENTRY / HAMBATAN-HAMBATAN UNTUK MASUK adalah suatu elemen dari STRUKTUR PASAR (MARKET STRUCTURE) yang berkaitan dengan hambatan bagi perusahaan yang berpotensi untuk masuk dalam PASAR (MARKET). Hambatan-hambatan ini bekerja dalam beberapa cara untuk mencegah masuk seperti:
(a) keuntungan biaya yang lebih rendah untuk mendirikan perusahaan yang disebabkan pemilikan pangsa pasar yang besar dan pelaksanaan dari SKALA EKONOMIS YANG BESAR (ECONOMIES OF LARGE SCALE) dalam produksi dan distribusi.
(b) preferensi konsumen yang kuat atas produk perusahaan yang sudah ada yang disebabkan oleh kegiatan pembedaan (diferensiasi) produk.
(c) pengawasan dari bahan baku utama, teknologi, dan sistem pemasaran melalui pemilikan langsung atau melalui PATEN (PATENT), IZIN USAHA KHUSUS (FRANCHISES) dan KONTRAK-KONTRAK KHUSUS (EXCLUXIVE DEALING CONTRACTS).
(d) kebutuhan biaya modal yang besar bagi perusahaan yang ingin masuk dalam pasar untuk berproduksi dan untuk menutupi kerugian selama tahap permulaan masuk pasar.
Dampak ekonomi yang utama dari hambatan untuk masuk terletak pada kemampuannya untuk menutup PINTU MASUK, sehingga menyebabkan perusahaan yang mapan mampu mendapatkan keuntungan di atas normal dan mempengaruhi fungsi PENGALOKASIAN SUMBER DAYA (RESOURCES ALLOCATION) pasar. Satu atau beberapa kombinasi dari faktor-faktor tersebut di atas dapat menjadi masalah bagi perusahaan berskala kecil, atau usaha yang baru didirikan untuk masuk. Namun demikian bagi perusahaan konglomerat yang mempunyai sumber dana yang besar masalah tersebut tidak menjadi hambatan yang berarti untuk masuk dengari cara PENGGABUNGAN PERUSAHAAN (MERGER) atau PENGAMBILALIHAN (TAKEOVER) perusahaan yang telah berjalan. Lagipula, asumsi dasar beberapa teori untuk masuk menyatakan bahwa perusahaan yang telah berdiri selalu mempunyai keuntungan dibanding calon perusahaan yang ingin masuk. Dalam kondisi pasar yang dinamis, perusahaan yang ingin masuk mungkin saja dalam posisi pengenalan teknologi baru yang belum dipakai oleh perusahaan yang telah ada, atau mengembangkan innovasi produk baru, sehingga mempunyai KEUNGGULAN BERSAING (COMPEITTIVE ADVANTAGES) di banding perusahaan yang sudah ada. Lihat juga CONDITION OF ENTRY, LIMIT PRICING, POTENTIAL ENTRANT, OLI-GOPOLY, MONOPOLY, FLEXIBLE MANUFACTURING SYSTEM.

HAMBATAN-HAMBATAN UNTUK MASUK PASAR (MARKET) | ok-review | 4.5